Canggihnya Xiaomi Mi Air Charge, Ngecas Nirkabel via Udara

Xiaomi Mi Air Charge

Telset.id, Jakarta – Xiaomi Mi Air Charge baru saja dipamerkan sebagai teknologi wireless charging terbaru. Teknologi besutan Xiaomi ini memungkinkan ponsel diisi dayanya secara nirkabel tanpa harus meletakkannya di atas perangkat charger.

Xiaomi mengatakan, teknologi pengisian jarak jauh ini dapat mengisi daya beberapa perangkat secara bersamaan dan bahkan dapat mengisi ulang smartphone yang sedang digunakan.

Pengguna juga dapat mengisi daya sambil berjalan-jalan di sekitar, dan proses pengisian tidak akan terganggu walaupun ada benda yang menghalangi.

Xiaomi menguraikan cara kerja teknologi dalam posting blog resmi. Pemancar terlihat cukup besar, mungkin sebesar meja ruang tamu yang biasa diletakkan di samping sofa.

Cara Kerja Xiaomi Mi Air Charge

Xiaomi Mi Air Charge
Cara Kerja Xiaomi Mi Air Charge

Pemancar dapat memberikan daya sebesar 5W secara nirkabel ke smartphone. Tumpukan pengisi daya yang dikembangkan sendiri oleh Xiaomi memiliki antena interferensi lima fase yang terintegrasi, dan dapat secara akurat mendeteksi lokasi ponsel cerdas.

Array kontrol fase yang terdiri dari 144 antena mentransmisikan gelombang selebar milimeter langsung ke telepon melalui beamforming.

{Baca Juga: Transaksi Poco M3 di Lazada Senilai Miliaran Rupiah Dibatalkan}

Ponsel yang bisa diisi dayanya secara nirkabel oleh Xiaomi Mi Air Charge sendiri harus dilengkapi dengan susunan antena mini dengan antena suar dan susunan antena penerima.

Selain itu, smartphone juga harus memiliki 14 antena untuk mengubah sinyal gelombang milimeter yang dipancarkan oleh antenna pengisi daya.

Setelah sinyal tersebut diterima, kemudian sinyal akan diubah menjadi energi listrik yang mengisi daya smartphone.

Saat ini, teknologi pengisian daya jarak jauh milik Xiaomi dapat mengisi daya beberapa perangkat dengan arus 5W dalam radius beberapa meter.

Xiaomi mengklaim bahwa objek fisik, seperti perabotan dan lain-lain tidak mengurangi efisiensi pengisian daya, tetapi tetap ada beberapa catatan.

Menurut Xiaomi, ke depannya teknologi Mi Air Charge pada akhirnya akan kompatibel dengan jam tangan pintar, smartband, dan wearable devices lainnya.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Xiaomi Terbaru}

Sayangnya, belum ada tanggal rilis untuk teknologi Mi Air Charge dan tidak diketahui apakah teknologi tersebut akan benar-benar tersedia secara komersial untuk konsumen.

Mengingat ini merupakan teknologi yang baru, canggih dan inovatif, tentunya yang dapat dipastikan adalah apakah perangkat ini tidak akan datang dengan banderol harga yang murah. (HR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here