telset

Vivo X60 akan Tiba dengan Kamera Zeiss dan SoC Exynos 1080

Telset.id, Jakarta – Suksesor dari X50 Series segera diperkenalkan. Adalah Vivo X60 yang dipastikan bakal melenggang resmi pada 29 Desember mendatang.

Dalam undangan yang tersebar di internet, Vivo X60 akan menjadi ponsel pintar pertama yang ditenagai oleh prosesor Exynos 1080 dari Samsung.

Bukan cuma menjadi smartphone pertama di dunia dengan prosesor terbaru dari Samsung dengan arsitektur 5nm, Vivo X60 pun hadir dengan membawa dua hal baru.

Pertama, Vivo akan menyematkan sistem operasi OriginOS berbasis kernel Android pada ponsel terbarunya.

Selain itu, Vivo X60 juga kemungkinan bakal dibekali kamera dengan lensa buatan Zeiss. Pasalnya, di acara yang diadakan di China itu, Vivo pun akan mengumumkan kerja sama menguntungkan dengan Zeiss.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Vivo Terbaru}

3 Varian Vivo X60 Dihadirkan

Di acara nanti, Vivo X60 akan terbagi menjadi tiga seri berbeda. Menurut GSMArena, dikutip Telset pada Senin (14/12/2020), ketiga seri itu adalah varian standar, X60 Pro, dan X60 Pro+.

Vivo X60 Pro dan X60 Pro+ akan memiliki desain modul kamera yang sama, namun dilengkapi dengan konfigurasi atau ukuran sensor yang berbeda. Sementara model standar, tidak akan dilengkapi dengan lensa periskop seperti dua seri lainnya.

{Baca juga: Vivo Akhirnya Beberkan Detail dan Fitur OriginOS}

Vivo X60

Hingga kini belum ada bocoran spesifikasi terkait ketiga seri Vivo X60. Bagaimanapun, ada harapan kalau Vivo akan menghadirkan varian tertinggi dari X60 Series secara global.

Sebab, apabila melihat dari seri terdahulu, Vivo cuma menjual X50 dan X50 Pro saja secara global termasuk di Indonesia.

Mengenal Samsung Exynos 1080

Samsung Exynos 1080
Samsung Exynos 1080 (GSMArena)

Tepat pada bulan lalu, Samsung memperkenalkan prosesor terbaru Exynos 1080. Prosesor ini dibuat berdasarkan arsitektur 5nm EUV FinFET.

Meski memiliki performa yang mendekati chipset ponsel kelas premium, namun Samsung mempersiapkan Exynos 1080 untuk smartphone kelas menengah ke atas.

Samsung Exynos 1080 mengusung konfigurasi CPU octa-core yang menampilkan 4-core Cortex-A78 dan 4-core Cortex A55. Inti Cortex A78 yang paling kuat berjalan dengan kecepatan 2,6 GHz.

Terdapat 4-core Cortex A55 yang berjalan dengan kecepatan 2 GHz untuk mengakomodir tugas-tugas ringan di ponsel pintar.

{Baca juga: Samsung Exynos 1080, Prosesor yang Dukung Kamera 200MP}

Untuk urusan pengolahan grafisnya menggunakan GPU mali G78 MP10. GPU ini menawarkan performa serupa dengan Exynos 990, yang juga digunakan oleh Samsung Galaxy Note20 Ultra.

Teknologi GPU yang digunakan sudah mendukung penggunaan layar Full HD+ dengan kecepatan refresh rate 144 Hz atau layar QHD+ dengan refresh rate maksimal 90 Hz.

Sementara di bagian ISP Image Signal Processor, Exynos 1080 dapat menopang sensor kamera hingga 200MP atau 32MP + 32MP pada saat yang sama.

Setelah Vivo X60 Series yang menggunakan Exynos 1080, kabarnya beberapa merek smartphone lain akan menggunakannya juga, seperti Oppo dan Xiaomi. So, kita nantikan saja bersama. (MF)

SourceGSMArena

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0