Samsung Exynos 1080, Prosesor yang Dukung Kamera 200MP

Telset.id, Jakarta – Samsung memperkenalkan prosesor terbaru Exynos 1080. Samsung mengklaim bahwa Exynos 1080 merupakan prosesor smartphone pertama yang mereka buat dengan teknologi 5nm EUV FinFET.

Rencananya, SoC ini ditujukan untuk smartphone kelas menengah atas. Performanya pun tentu sudah disesuaikan agar bisa mendekati chipset yang dibuat untuk ponsel flagship.

Kabarnya, smartphone pertama yang akan menggunakannya sebagai dapur pacu utama adalah seri ponsel dari Vivo.

Penasaran bagaimana spesifikasi serta fitur yang dimiliki oleh prosesor Samsung Exynos 1080? Berikut penjelasannya.

Spesifikasi dan Fitur Exynos 1080

Spesifikasi Samsung Exynos 1080
Samsung Exynos 1080 (GSMArena)

Samsung Exynos 1080 mengusung konfigurasi CPU octa-core yang menampilkan 4-core Cortex-A78 dan 4-core Cortex A55. Inti Cortex A78 yang paling kuat berjalan dengan kecepatan 2,6 GHz.

Terdapat 4-core Cortex A55 yang berjalan dengan kecepatan 2 GHz untuk mengakomodir tugas-tugas ringan di ponsel pintar.

Perusahaan teknologi asal Korea Selatan tersebut juga mengklaim bahwa chipset ini menawarkan lompatan kinerja single-core 50% lebih baik dari generasi sebelumnya. Sementara kinerja multi-core mencapai 2x lebih tinggi.

{Baca Juga: Samsung Garap Chipset Exynos Khusus PC Windows}

Untuk urusan pengolahan grafisnya menggunakan GPU mali G78 MP10. GPU ini menawarkan performa serupa dengan Exynos 990, yang mana juga digunakan oleh Samsung Galaxy Note 20 Ultra.

Teknologi GPU yang digunakan juga sudah mendukung penggunaan layar Full HD+ dengan kecepatan refresh rate 144 Hz atau layar QHD+ dengan refresh rate maksimal 90 Hz.

Samsung menggunakan teknologi untuk menghemat daya yang disebut Amigo. Fitur ini akan memantau beban kerja dan meningkatkan efisiensi daya hingga 10%.

Sementara itu, bagian ISP atau Image Signal Processor mendukung sensor kamera hingga 200 MP (atau 32 MP + 32 MP pada saat yang sama) dan mampu merekam video hingga 4K 60 fps dan HDR10+.

Neural Processing Unit (NPU) yang terintegrasi di dalam Samsung Exynos 1080 menawarkan kinerja hingga 5,7 TOPS. Chipset ini juga mendukung penggunaan RAM berjenis LPDDR5 dan memori penyimpanan UFS 3.1.

Prosesor tersebut juga telah menggunakan modem 5G dan mendukung jaringan sub-6GHz dan mmWave. Fitur lain dari prosesor baru ini termasuk, GPS, Bluetooth 5.2, WiFi 6 dual band dan mendukung port USB Type C.

Xiaomi, Oppo dan Vivo Bakal Gunakan Chipset Exynos

Samsung Exynos
Samsung Exynos (GizChina)

Sebelumnya, dilaporkan bahwa Samsung Electronics akan memasok chipset Exynos bikinannya untuk beberapa vendor smartphone asal China, seperti Vivo, Oppo dan juga Xiaomi.

Berdasarkan laporan yang sama, kesepakatan tersebut akan dimulai pada tahun 2021 mendatang, tepatnya pada kuartal pertama. Samsung akan menyediakan chipset untuk beragam segmen smartphone.

{Baca Juga: Penjualan Smartphone Samsung Pecahkan Rekor di Q3 2020}

Apabila nantinya Oppo, Vivo dan Xiaomi menggunakan chip bikinan Exynos, tentunya persaingan di industri chipset juga dipastikan makin sengit. Mengingat saat ini brand smartphone kebanyakan menggunakan chipset besutan Qualcomm atau MediaTek.

Selain itu dengan kesepakatan ini, citra Samsung juga semakin kuat. Tidak hanya sebagai produsen smartphone, tapi juga produsen dan pemasok chipset handal. (HR/MF)

SourceSammobile

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -