Vivo Akhirnya Beberkan Detail dan Fitur OriginOS

Fitur OriginOS
Ilustrasi fitur OriginOS (Foto: GizChina)

Telset.id, JakartaVivo akhirnya mengungkapkan serangkaian fitur yang ada di OriginOS. Selain menawarkan tampilan yang baru, update OriginOS juga membawa sistem widget baru, gesture baru, serta optimasi dari segi memori.

Disebutkan bahwa OriginOS menawarkan sejumlah peningkatan yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Tampilan antarmuka terbaru Vivo ini juga memiliki fitur yang baru dan lebih lengkap.

Kehadiran OriginOS juga menandai berakhirnya kiprah dari FunTouch OS. Ini juga menjadi identitas dari sistem baru yang digunakan perusahaan teknologi asal China tersebut.

Fitur-fitur OriginOS

Fitur OriginOS
Fitur OriginOS (Foto: GizChina)

OriginOS membawa sejumlah fitur-fitur baru, salah satunya ada di bagian widget. Vivo mengaku terinspirasi dari Huarong Road, sejenus puzzle geser yang memiliki ukuran berbeda.

Bagian tampilan layar dapat dengan mudah diatur dan ditambahkan beberapa widget. Pengguna bisa mengatur jenis dan bentuk widget yang ingin Anda tampilkan di bagian layar.

Ada juga fitur Nano Alerts yang akan menampilkan beragam informasi terkini. Widget ini bisa digunakan untuk menampilkan beragam informasi, seperti cuaca dan lain sebagainya.

Masih dari tampilan homescreen, Vivo menyediakan wallpaper yang dapat menyesuaikan dengan cuaca di lokasi Anda berada yang digambarkan dengan representasi bentuk awan yang akurat.

Selain widget, OriginOS juga kini dilengkapi dengan kombinasi 26 jenis gesture yang bisa digunakan oleh pengguna, dimulai dengan melakukan tap di bagian bawah layar.

Vivo juga membenamkan fitur bernama Multi-Turbo 5.0. Fitur ini berguna untuk mengoptimalkan memori di smartphone nantinya. Fitur ini juga dapat membuat aplikasi bakal memakan lebih sedikit RAM saat aplikasi tersebut dibuka pertama kalinya.

Ada juga pre load apps yang bakal mempercepat waktu untuk menjalankan aplikasi. Smartphone akan memperkirakan mana aplikasi yang akan Anda buka selanjutnya dan mempersiapkan data-data yang diperlukan. Fitur lainnya termasuk serangkaian penyempurnaan untuk fotografi dan juga game.

Vivo X60 yang Pertama Gunakan OriginOS

Ilustrasi Vivo X60 (Foto: GizChina)

Sebelumnya rumor menyebutkan bahwa Vivo X60 akan menjadi smartphone pertama yang menggunakan OriginOS. Ini merupakan suksesor dari Vivo X60.

Sayangnya Vivo juga belum membuka selubung yang menutupi wujud dari Vivo X60. Meski demikian, bocoran spesifikasinya sempat beredar di Weibo.

Mengingat Vivo X series merupakan seri flagship, tentu saja smartphone ini bakal menawarkan spesifikasi yang tinggi.

Selain menggunakan OriginOS, smartphone ini juga kabarnya akan menjalankan chipset Qualcomm Snapdragon 875 untuk varian tertingginya. Meski demikian, Vivo sama sekali belum buka suara terkait Vivo X60 series ini.

Vivo mengatakan bahwa smartphone Vivo bakal menerima update OriginOS bertahap mulai tahun depan. Namun belum diketahui smartphone seri mana saja yang akan kebagian pembaruan OriginOS ini. [HR/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here