Home Gizmo Vivo Kuasai Pasar Ponsel Indonesia Q3-2020, Samsung Disalip Xiaomi

Vivo Kuasai Pasar Ponsel Indonesia Q3-2020, Samsung Disalip Xiaomi

Vivo V20 (Foto: Helmi Reinaldi/Telset.id)

Telset.id, Jakarta – Vivo masih kokoh mendominasi pasar ponsel di Indonesia menurut laporan dari IDC pada Q3-2020. Sementara Samsung, harus melorot setelah disalip oleh Xiaomi pada kuartal ketiga tahun ini.

Dari laporan IDC, pembelian smartphone yang sempat menurun pada paruh pertama tahun 2020 mulai berangsur pulih.

Pasalnya, ponsel pintar saat ini dinilai penting untuk mendukung aktivitas di rumah, seperti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan juga WFH.

Di Q3-2020, terjadi pertumbuhan sebesar 49% jika dibandingkan kuartal sebelumnya. Begitu juga jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, terjadi peningkatan sebesar 21%.

{Baca Juga: Belajar Online Dorong Pasar Smartphone Harga Murah di Indonesia}

Vivo Mendominasi, Samsung Disalip Xiaomi

Pasar Smartphone Q3 2020 (Foto: IDC)

Berdasarkan laporan IDC pada Q3-2020, Vivo masih kokoh memimpin dengan marketshare 24%. IDC menilai, perusahaan asal China ini cukup kuat di segmen low-end berkat seri Vivo Y12i, Vivo Y20, dan Vivo Y30i.

Tak cuma low-end, Vivo pun mendapatkan posisi yang kuat di kelas menengah dengan seri Vivo V20. Smartphone ini ikut berkontribusi seiring penerimaan pasar yang cukup baik.

Di tempat kedua ada Oppo yang mempertahankan dominasinya di segmen menengah. Seri Oppo A53 dan Oppo Reno4 menjadi amunisi andalan perusahaan asal China. Selain itu, strategi iklan online yang ekstensif dinilai cukup menarik perhatian dari konsumen.

{Baca Juga: Xiaomi, Oppo dkk Coba Curi Pasar Smartphone Huawei}

Pada kuartal ketiga ini, Oppo meraih marketshare sebesar 21,7%. Tumbuh sedikit dari kuartal sebelumnya yang membukukan angka 21,4%.

Xiaomi menarik perhatian di laporan kuartal ini. Raksasa teknologi besutan Lei Jun itu berhasil mengambil alih posisi Samsung di tempat ketiga. Xiaomi menawarkan banyak pilihan smartphone berharga terjangkau di segmen harga di bawah Rp 2 juta.

Dengan modal lini smartphone harga terjangkau tersebut, Xiaomi berhasil meraup pangsa pasar sebesar 18,2% di kuartal ketiga 2020.

Tak ingin ketinggalan dengan persaingan dari brand asal China, Samsung ikut menghadirkan opsi smartphone harga terjangkau dengan meluncurkan seri Galaxy A01 Core.

Ponsel pintar itu bisa membantu Samsung untk mendomniasi segmen ultra low-end. Meski harus digeser Xiaomi, Samsung masih memiliki pangsa pasar sebesar 17,2%.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Terbaru}

Tempat kelima diisi oleh Realme yang memiliki pangsa pasar sebesar 14,5%. Seri Realme C11 harus bersaing ketat dengan Redmi 8 dan Redmi 9 di rentang harga yang sama.

IDC memaparkan, seri Realme 7 rupanya mendapatkan respon yang kurang baik dibandingkan seri sebelumnya. (HR/MF)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version