Gizmo

Jangan Dulu Update, Android 12 Bikin Google Pixel Langsung Error

Naufal Mamduh
Share

Telset.id, Jakarta – Beberapa seri HP Google Pixel malah bermasalah setelah update ke OS Android 12. Sejumlah pengguna melaporkan ponsel mereka langsung tidak berfungsi dengan baik usai melakukan pembaruan ke sistem operasi terbaru Google tersebut.

Keluhan terkait update Android 12 yang bermasalah disampaikan pengguna HP Google Pixel di situs bantuan Google. Dilansir Telset dari phoneArena pada Minggu (24/10/2021), gangguan berdampak pada daya tahan baterai, kinerja, sampai sistem keamanan.

Misalnya saja pengguna Google Pixel 4a 5G bernama Sarthak Bhatia yang menulis bahwa baterai HP pribadinya menjadi boros setelah melakukan update ke Android 12. Selain itu, ia juga menjelaskan kalau aplikasi mengalami gangguan dan tak berjalan secara maksimal.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Google Pixel 6 Series

“Hei, setelah pembaruan saya ke Android 12, beberapa aplikasi mogok terus menerus dan baterai sangat cepat habis,” tulis Sarthak.

Pengguna lainnya bernama Tony Rutkowski juga mengeluhkan hal yang sama. Menurutnya, Google Pixel 5 yang ia pakai terus mogok meskipun beberapa kali direset ulang ke pengaturan pabrik.

“Pengaturan ulang pabrik yang berulang dan memulihkan cadangan masih menyebabkan ponsel mogok segera setelah tampilan menghilang,” jelas Tony.

Google Pixel 3 juga turut bermasalah setelah update ke Android 12. Diungkapkan salah seorang pengguna anonim, Pixel Launcher pada ponselnya terus-menerus terganggu dengan adanya pesan file corrupt.

“Ini juga terjadi dengan Google Pixel 3 saya. Tampaknya terjadi masalah dengan Pixel Launcher, dan Saya juga mendapatkan pesan jika file corrupt,” kata penulis anonim yang memiliki Pixel 3.

Testimoni terakhir dari pengguna Google Pixel 4, bernama Raymond B. Dikatakan bahwa terjadi gangguan pada fitur Face Unlock, sehingga HP menjadi sulit diakses.

“Hari ini saya memperbarui ponsel saya ke Android 12 final. Sekarang saya mengalami masalah untuk membuka kunci Pixel 4 saya. Fitur beberapa kali berhenti berfungsi dan sangat sulit untuk melakukan face unlock,” tutur Raymond.

Penjelasan Google Soal Update Android 12 yang Bermasalah

Merespon berbagai laporan dari pengguna, Google pun akhirnya buka suara. Menurut raksasa pencarian ini, masalah terjadi karena adanya ketidakcocokan dengan aplikasi pihak ketiga.

Namun entah mengapa, Google belum memberikan saran atau aksi yang harus dilakukan kepada pengguna Google Pixel yang bermasalah gegara update Android 12.

Baca juga: Update Android 12 Stable Dirilis

Pengguna telah mencoba beberapa solusi biasa termasuk membersihkan cache dan mem-boot dalam Safe Mode, untuk memastikan bahwa masalahnya tidak disebabkan oleh aplikasi jahat. Sayang, cara-cara tersebut tidak membuahkan hasil.

Semoga saja Google bisa segera menyelesaikan masalah ini dan kasus yang sama tidak terjadi di HP merek lain non-Pixel yang dijadwalkan mendapatkan pembaruan Android terbaru, seperti Oppo, Realme, Samsung, bahkan sampai Xiaomi. (NM/MF)

Leave a Comment