Tinggalkan Tizen, Samsung Gear S4 Bakal Pakai Wear OS?

Telset.id, Jakarta – Rumor soal kehadiran jam tangan pintar Samsung Gear S4 banyak beredar, termasuk rencana mengusung kode nama Galileo dan kemungkinan hadir dalam dua versi dengan perbedaan ukuran. Namun, rumor terbaru menyebut bahwa perangkat itu akan memakai nama Galaxy.

Satu yang paling menarik, kabarnya Galaxy akan memakai sistem operasi Wear OS, bukan Tizen. Padahal, Wear OS merupakan sistem operasi untuk perangkat jam tangan pintar bernama Android Wear. Rumor tersebut diperkuat oleh cuitan di akun Twitter milik Evan Blass.

Dilansir Slashgear, dalam cuitan, Blass mengatakan bahwa seorang pegawai Samsung tampak memakai jam tangan pintar jenis Gear yang menggunakan Wear OS, bukan Tizen. Konon, Blass menyatakan, jam tangan pintar itu bakal resmi rilis di pasaran pada pertengahan tahun ini.

Untuk Samsung Gears S4 versi LTE, dikabarkan akan dipasarkan di Amerika Serikat oleh operator seluler Verizon, T-Mobile, dan AT&T. Sama seperti versi biasa, Samsung Gears S4 versi LTE juga akan menggunakan sistem operasi bukan Tizen, melainkan Wear OS.

Baru-baru ini, Google telah mengumumkan sederet jam tangan pintar yang mendapatkan pembaruan sistem operasi Wear OS. Mereka adalah Fossil Q Venture, LG Watch Sport, Louis Vuitton Tambour, Michael Kors Sofie, Montblanc Summit, Hugo BOSS Touch, dan Movado Connect.

Tak cukup, jam tangan pintar lain juga menerima pembaruan serupa, yakni Tommy Hilfiger 24/7 You, Guess Connect, Gc Connect, Fossil Q Founder 2.0, Fossil Q Marshal, Fossil Q Wander, Michael Kors Access Bradshaw, Michael Kors Access Dylan, dan TAG Heuer Connected Modular 45.

Baca juga: Samsung Gear S3 Bisa Kendalikan Seisi Rumah

Demikian pula Diesel Full Guard, Emporio Armani Connected, Fossil Q Explorist, Michael Kors Access Grayson, Fossil Q Control, LG Watch Style, MIsfit Vapor, Nixon Mission, serta Huawei Watch 2 (non-cellular versions).

Produsen jam tangan tersebut percaya bahwa Wear OS adalah nama yang lebih baik karena Google tidak menginginkan merek Android berkeliaran. Lebih-lebih, sepertiga pengguna memasangkan jam tangan pintar Android Wear dengan iPhone. [SN/HBS]

Sumber: Slashgear

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here