Mengenal Teknologi 10X Lossless Zoom Oppo, Apa Hebatnya?

Telset.id, Jakarta – Oppo memamerkan inovasi terbarunya di ajang Mobile World Congress (MWC) 2019. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah teknologi 10X Lossless Zoom Oppo. Apa kehebatannya?

Oppo boleh dibilang hanyalah satu dari sekian banyak pabrikan ponsel yang akan membuat ramai perhelatan Mobile World Congress (MWC) 2019.

Bedanya, bukannya datang dengan smartphone teranyar, kali ini Oppo lebih memilih untuk memamerkan teknologi terbarunya. Setidaknya ada dua, pertama terkait teknologi jaringan generasi berikutnya alias 5G. Kedua, teknologi 10x Loseless zoom.

Nama pertama mungkin telah cukup familiar di telinga sebagian dari Anda. Paling tidak selama beberapa tahun terakhir. Namun mungkin tidak demikian dengan nama kedua.

Well, teknologi 10x Lossless zoom Oppo, boleh dibilang memang hal yang baru. Tak heran, jika aksi Oppo di gelaran tahunan yang biasa diadakan di Barcelona, Spanyol ini pun dinanti-nanti.

Intinya satu, penasaran dengan apa yang sebenarnya ditawarkan teknologi 10x Lossless zoom. Apa hebatnya.

Untuk diketahui, teknologi 10X Lossless Zoom sendiri pada dasarnya merupakan pengembangan dari teknologi 5X Lossless Zoom yang dikenalkan Oppo pada gelaran MWC dua tahun silam.

Saat itu, perusahaan asal Tiongkok ini membawa modul kamera ganda yang terdiri dari kamera wide angle dan telephoto. Pada lensa telephoto, Oppo menggunakan struktur periskop yang terinspirasi dari kapal selam.

{Baca juga: 3 Keunggulan Smartphone Oppo Terbaru, Nomor 3 Tercanggih}

Dalam pengembangannya, Oppo membuat sistem tiga kamera 8,6mm di teknologi teranyarnya yang mencakup lensa utama 48MP dan lensa ultra-lebar 120 derajat bersama dengan lensa zoom 160mm.

Lensa tidak disusun secara vertikal, tapi dibuat horizontal. Untuk membantu masuknya cahaya ke lensa, Oppo menggunakan solusi kaca prisma.

Tapi sebenarnya apa manfaatnya? Agar masih tersedia cukup ruang untuk melakukan zoom mendalam. Selain itu gambar yang dihasilkan diklaim semakin jelas dan detail.

Nah, mengingat ketebalan kamera telephoto, Oppo pun kembali menggunakan modul periskop untuk memotong ketebalan menjadi kurang dari 7mm.

Ini bagus, karena artinya kita tidak akan berurusan dengan ponsel tambun saat teknologi ini dibenamkan ke dalam perangkat sekitar pertengahan tahun ini.

Penghematan ruang lebih lanjut, setidaknya sekitar 13 persen, dicapai dengan menggunakan dua motor fokus otomatis (AF) dalam modul yang sama, baik untuk kamera utama 48 MP maupun lensa sudut ultra-lebar 120 derajat.

Di bagian akhir, teknologi 10x lossless zoom yang dibuat perusahaan menggunakan optical image stabilization (OIS) pada kamera utama dan lensa telephoto, yang ditujukan untuk mengurangi guncangan dan kekaburan saat mengambil foto yang diperbesar.

{Baca juga: Mengulik Seberapa Dalam Hubungan Oppo dan MWC}

Oppo mengklaim, presisi stabilisasi dari teknologi OIS adalah 0,001445 derajat, peningkatan 73 persen dari teknologi zoom optik 5x-nya.

Menyusul kabar sebelumnya yang mengatakan bahwa Oppo siap memproduksi teknologi 10X Lossless Zoom secara massal, dalam gelaran MWC 2019 ini pun Oppo kembali mempertegas hal itu.

Oppo mengatakan bahwa teknologi anyarnya ini akan dibenamkan ke smartphone perusahaan berikutnya, yang akan dirilis pada Q2 2019. [IF/HBS]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

LATEST DEVICE

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0