telset

Oppo Indonesia Beberkan Strategi Hadapi Masalah Kelangkaan Chip

Telset.id, Jakarta – Menyusul kelangkaan chip global, berbagai vendor smartphone di Indonesia sudah mulai menaikkan harga. Namun Oppo justru tetap bertahan, dan memutuskan untuk tidak menaikkan harga HP terbaru mereka. Apa Oppo tidak terimbas dengan masalah kelangkaan prosesor ini?

Dalam podcast eksklusif Telset bersama Oppo, Aryo Meidianto selaku PR Manager Oppo Indonesia memberikan penjelasan terkait masalah kelangkaan prosesor yang terjadi saat ini di industri global.

“Kalau imbas, semua kena imbas. Tapi tergantung dari produsen masing-masing gimana strateginya,” kata Aryo.

Baca Juga: Spesifikasi Kamera Oppo A95 Terungkap

Meski begitu, Aryo menegaskan bahwa sampai saat ini Oppo Indonesia belum ada kebijakan untuk menaikkan harga akibat kelangkaan chip yang terjadi.

“Kita sampai saat ini belum menaikkan harga. Karena naik harga tergantung vendor masing-masing,” sambung Aryo.

Lebih lanjut Aryo menjelaskan, berbagai vendor smartphone menerapkan strategi berbeda guna menyiasati kelangkaan prosesor ini. Pria berkacamata itu juga tak segan membeberkan strategi Oppo dalam menghadapi masalah yang diprediksi masih akan berlangsung hingga tahun 2023 mendatang.

Strategi Oppo Hadapi Kelangkaan Chip

kelangkaan chip prosesor harga HP Oppo naik

Berbicara mengenai strategi Oppo dalam mengatasi masalah kelangkaan prosesor, Aryo menegaskan bahwa Oppo tidak akan mengganti chipset yang mereka gunakan saat ini.

“Kalau Oppo mungkin sampai saat ini tidak mengganti chipset-nya dengan prosesor yang ada. Karena kita sudah pakai dua chipset yang paling besar Qualcomm dan MediaTek saja, (konsumen) masih ribut. Apalagi kita ganti chipset ke yang lebih murah,” jelas Aryo.

Kepercayaan diri Oppo untuk tidak mengganti chipset yang ada dikarenakan produsen smartphone asal China tersebut telah menjalin kolaborasi yang erat dengan Qualcomm dan MediaTek.

Baca Juga: Prosesor Diprediksi Tetap Langka Sampai Tahun 2023

“Oppo dari awal pandemi punya kesepahaman dengan dua pembuat chipset besar untuk bisa menjamin supply chain chipset ke Oppo,” kata Aryo.

Melalui kerja sama tersebut, rantai pasokan chipset dari dua produsen tersebut dipastikan aman dalam beberapa tahun ke depan. Selain itu, Oppo pun memiliki pabrik sendiri di Indonesia dengan volume yang besar yang menjadi keuntungan tersendiri di tengah masalah kelangkaan prosesor yang menimpa industri secara global.

“Keuntungan Oppo, satu punya pabrik sendiri di Indonesia, dua volumenya besar. Kalau beli apapun itu chipset dan lain-lain dalam jumlah yang besar. Kalau dilihat dari mekanisme harga, semakin banyak beli maka semakin turun harganya,” jelasnya.

Baca Juga: Smartphone Diprediksi Bakal Mahal dan Langka

“Jadi sebenarnya belum ada masalah dari kelangkaan chipset ini untuk kenaikan harga HP Oppo. Malah turun harga kemarin untuk Oppo Reno5 dan Oppo A15s. Aneh ya?” ujar Aryo sembari tertawa.

Untuk Anda yang ingin menyimak obrolan lebih lengkap Telset bersama dengan Oppo Indonesia, silakan menyaksikannya melalui video berikut ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0