Parah! Status Bar “5G” di iPhone 12 Cuma Tipu-tipu

Status Bar 5G iPhone 12
Foto: MacRumors

Telset.id, Jakarta – Status bar di smartphone biasanya berguna untuk melihat jaringan yang tersambung serta kekuatannya. Namun ada kabar menarik yang menyebutkan status bar 5G di iPhone 12 hanyalah “status palsu”. Apa maksudnya?

Di iPhone 12, meski pengguna hanya mendapatkan konektivitas 4G, namun bar notifikasi tetap menampilkan jaringan 5G. Mengapa demikian?

Menurut laporan Ubergizmo, seperti dikutip Telset.id, Sabtu (24/10/2020), Apple diketahui mengubah perilaku status bar di iPhone 12. Hal tersebut terungkap manakala review iPhone 12 oleh The Verge.

Dieter Bohn dari The Verge mencatat bahwa Apple memperkenalkan fitur baru bernama Smart Data Mode. Tujuannya untuk membantu menghemat masa pakai baterai. Alasannya, koneksi 5G dapat menguras baterai.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Apple Terbaru}

Berdasarkan hasil review, Apple akan menghentikan konektivitas iPhone 12 ke LTE hingga iOS memutuskan bahwa konektivitas 5G diperlukan. Namun, masalahnya bilah status iPhone 12 terus tampilkan 5G meski pengguna pakai jaringan 4G.

Artinya, alih-alih memberi tahu Anda koneksi apa yang sedang digunakan, bilah status iPhone 12 akan menunjukkan koneksi terbaik yang bisa diakses meski hanya secara teori alias bukan seperti realita yang ada.

Tidak jelas kenapa Apple mengubah bilah status dengan cara itu. Problem hanya terjadi di iPhone 12 berkemampuan 5G. Tentu, permasalahan tersebut menambah catatan buruk iPhone 12 yang hadir tanpa aksesoris.

Spesifikasi iPhone 12 Series

iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max tampil dengan opsi warna Blue, Gold, Graphite, dan Silver. Sementara iPhone 12 dan 12 mini, hadir dengan opsi warna yang lebih beragam. Smartphone tersebut dilapisi warna Black, Blue, Green, Red, dan White.

iPhone 12 mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max hadir dengan ukuran layar OLED Super Retina XDR yang beragam. iPhone 12 mini mengusung layar 5,4 inci dengan ukuran notch yang sama besarnya dengan tiga seri lainnya.

{Baca juga: Ternyata Ini Alasan Apple Jual iPhone 12 Tanpa Charger}

Sementara model standar dan 12 Pro, dilengkapi layar berukuran 6,1 inci. iPhone 12 Pro Max muncul sebagai iPhone dengan layar terbesar dengan ukuran 6,7 inci.

Keempatnya ditenagai oleh prosesor Apple A14 Bionic yang powerful. Tentu saja, prosesor yang dirancang dengan proses fabrikasi 5nm ini sudah mendukung jaringan 5G.

iPhone 12 mini dan model standar mempunyai RAM 4GB dengan kapasitas memori penyimpanan 64GB, 128GB, dan 256GB. Sedangkan iPhone 12 Pro dan 12 Pro Max, ditopang RAM 6GB dengan pilihan storage 128GB, 256GB, sampai 512GB.

iPhone 12 dan model mini mengusung dual kamera di bagian belakang. Konfigurasinya 12MP wide dengan dukungan OIS (Optical Image Stabilization) dan 12MP ultrawide.

{Baca juga: Perbandingan iPhone 12 vs iPhone 12 Mini, Pilih Mana?}

Sedangkan iPhone 12 Pro dan model tertinggi, punya tiga kamera belakang dengan dukungan LiDAR. Ketiganya kameranya adalah 12MP wide dengan OIS, 12MP ultrawide, dan 12MP telephoto dengan kemampuan 2,5x optical-zoom.

Sementara kamera depannya, seluruh seri iPhone 12 punya kamera 12MP yang tergabung dalam TruDepth Camera. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here