Gizmo

Bocoran Spesifikasi Lengkap dan Harga Google Pixel 6 Series

Muhammad Faisal Hadi Putra
Share

Telset.id, Jakarta – Duo Google Pixel terbaru dipastikan meluncur resmi pada 19 Oktober mendatang. Menjelang peluncurannya yang tinggal seminggu lagi, terkuak spesifikasi lengkap, harga, beserta fitur pendukung dari Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro. Seperti apa?

Baru-baru ini situs Carphone Warehouse menerbitkan halaman spesifikasi lengkap dari Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro. Keduanya sama-sama ditenagai oleh prosesor kustom Google Tensor.

Prosesor ini dirancang dengan teknologi AI atau kecerdasan buatan khas Google untuk meningkatkan kualitas pencitraan dari kamera smartphone.

Selain berkaitan dengan kualitas kamera, chipset terbaru Google ini juga telah dioptimalkan untuk efisiensi dayanya. Performa prosesor Google Tensor juga diklaim 80% lebih cepat daripada Snapdragon 765G di Google Pixel 5.

Baca juga: Google Pixel 6 Pakai Prosesor Tensor

Nah, berikut ini informasi spesifikasi lengkap dari Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro yang akan hadir secara resmi pada 19 Oktober mendatang.

Spesifikasi Google Pixel 6

Google Tensor pada Google Pixel 6 Series telah dipasangkan dengan chip keamanan bernama Titan M2. Smartphone ini mengusung layar berjenis OLED berukuran 6,4 inci. Tak disebutkan apakah layarnya berjenis LTPO terbaru yang hemat daya.

Yang jelas, layarnya sudah mendukung refresh rate kencang dan telah dilapisi oleh Corning Gorilla Glass Victus. Tak cuma bagian software yang aman, hardware pun aman untuk pemakaian di manapun, karena Google Pixel 6 sudah mengantongi rating IP68 tahan air dan debu.

Smartphone ini dibekali dengan dua kamera belakang dengan sensor utama 50MP dan kamera ultra wide 12MP. Tidak diketahui resolusi dari kamera depannya, tapi lensa yang digunakan berjenis wide.

Di sektor daya, Google Pixel 6 ditopang oleh baterai yang sudah mendukung wireless charging dengan daya maksimal 21W dan fast charging melalui kabel dengan daya maksimal 30W.

Spesifikasi Google Pixel 6 Pro

Beralih ke spesifikasi Google Pixel 6 Pro, smartphone ini membawa layar berjenis LTPO OLED terbaru berukuran 6,7 inci. Layar tersebut mendukung fitur adaptive refresh rate dari 10Hz hingga 120Hz dan telah dilapisi oleh Gorilla Glass Victus.

Sama dengan seri standar, model Pro juga mengantongi rating IP68 tahan air dan debu. Jadi jangan khawatir untuk memakainya di luar ruangan dengan kondisi yang basah ataupun berdebu.

Selain Google Tensor, smartphone ini telah disematkan spesifikasi yang aman berkat chip Titan M2 terbaru. Ditambah, Google akan memberikan update keamanan secara berkala sampai 5 tahun ke depan.

Di bagian kamera, Google Pixel 6 Pro mempunyai kamera utama dengan sensor 50MP yang lebih besar daripada Pixel 5. Kamera ini dapat menangkap 150% cahaya lebih banyak, sehingga pas sekali untuk memotret di kondisi malam hari.

Baca juga: Hasil Kamera Google Pixel 6 Pro

 

Smartphone ini dilengkapi pula dengan kamera telephoto dengan kemampuan 4x optical-zoom dan 20x digital-zoom lewat fitur Super Res Zoom, serta kamera ultra wide 12MP. Sementara di depan, kamera selfie-nya punya jangkauan sampai 94º.

Ada beragam fitur kamera di sini, seperti Magic Eraser. Fitur berbasis AI ini dapat menghapus objek atau orang yang tidak diinginkan pada foto. Ada juga fitur Face Unblur yang meningkatkan kualitas foto buram hingga maksimal.

Fitur lainnya, Google Pixel 6 Pro memiliki kemampuan terjemahan offline sampai 55 bahasa, sudah berjalan di Android 12 terbaru, mendukung wireless charging melalui Pixel Stand yang juga dapat mengontrol ponsel menjadi bingkai foto digital, sampai fast charging dengan output maksimal 30W.

Harga dan Ketersediaan

Menjelang peluncuran resminya pada 19 Oktober nanti, muncul juga bocoran harga resmi Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro. Smartphone ini nantinya akan dijual di 8 negara termasuk Eropa dengan penjualan perdananya terjadi pada 28 Oktober mendatang.

Pixel 6 akan dijual dengan dua konfigurasi RAM dan memori, yakni 8 GB/128 GB dan 8 GB/256 GB.

Baca juga: Tanggal Peluncuran Google Pixel 6

Masing-masing varian dijual dengan harga mulai 550 euro atau sekitar Rp 9 jutaan dan 650 euro atau sekira Rp 10,8 jutaan. Jika dibandingkan dengan generasi terdahulu, Google Pixel 5 dengan model 8 GB/128 GB dibanderol 630 euro atau Rp 10,5 jutaan.

Sementara Google Pixel 6 Pro akan dijual dengan harga mulai 900 euro atau setara Rp 15 jutaan. Ada tiga konfigurasi memori penyimpanan, yakni 128 GB, 256 GB, dan 512 GB.

Semuanya mengusung RAM 12 GB dengan selisih harga masing-masing sampai 100 euro atau Rp 1,6 jutaan tiap varian memori. (MF)

Leave a Comment