telset

Spek Gahar Apple M1 Pro dan M1 Max, Prosesor dari MacBook Pro 2021

Telset.id, Jakarta – Pada gelaran acara Apple Unleashed, Apple resmi mengumumkan kehadiran sepasang prosesor baru dengan spesifikasi kencang untuk MacBook Pro 2021 yang dijuluki sebagai M1 Pro dan M1 Max.

Apple mengatakan bahwa kedua chip memiliki kinerja yang lebih baik daripada chip PC saat ini. Di sisi GPU, Apple mengatakan bahwa chipnya bekerja hingga 7 kali lebih cepat daripada grafis terintegrasi PC dengan daya yang sama.

Dilansir dari Apple Insider, Selasa (19/10/2021), chipset ini dapat memberi daya pada kinerja yang serupa dengan kartu grafis diskrit, tetapi dengan konsumsi daya 70% lebih sedikit.

Baca juga: Tips Tambah Memori Penyimpanan MacBook

Misalnya, dibandingkan dengan PC tercepat yang dapat ditemukan Apple, chip M1 Max menggunakan daya 100W lebih sedikit dengan kinerja yang setara.

Itu juga berarti bahwa prosesor untuk MacBook Pro 2021 terbaru ini menyuguhkan performa yang sama saat menggunakan daya baterai. Apple juga telah menyesuaikan macOS untuk memanfaatkan sepenuhnya chip baru di setiap level agar kinerjanya lebih optimal.

Spesifikasi Prosesor Apple M1 Pro dan M1 Max

Prosesor MacBook pro 2021

Prosesor M1 Pro dari Apple mendukung memori hingga 32 GB, yang dibagikan dengan GPU on-chip. Chip ini memiliki lebih dari 33,7 miliar transistor, yang mencakup 8-core berperforma tinggi, dan 2-core untuk efisiensi tinggi.

Apple mengklaim, kombinasi ini menghasilkan kinerja CPU 70% lebih cepat daripada prosesor M1 generasi sebelumnya. Selain itu, Apple juga menjamin kecepatan GPU dua kali lebih baik jika dibandingkan chip M1.

Baca juga: Apple FanBoy Tidak Tertarik Beli iPhone 13

Apple pun telah mengintegrasikan teknologi ProRes ke dalam chip untuk pemrosesan video profesional, lebih banyak channel Thunderbolt, dan dukungan untuk penggunaan monitor eksternal.

Sementara untuk prosesor M1 Max memiliki bandwidth memori 400 gigabyte per detik. Chipset ini memiliki 57 miliar transistor, dengan GPU 32-core yang dipasangkan dengannya. Memorinya hingga 64 GB didukung oleh chip M1 Max.

M1 Pro dan M1 Max baru tersedia dalam berbagai konfigurasi. Misalnya, M1 Pro dengan 10-core juga dapat dikonfigurasi dengan GPU 14-core, 16-core, 24-core, atau 32-core. M1 Max tersedia dalam konfigurasi 10-core dengan GPU 24-core atau 32-core.

Baca Juga: iPhone 13 Segera Dijual di Indonesia

Kedua prosesor ini juga memiliki Neural Engine 16-core. Teknologi ini berguna untuk melakukan akselerasi machine learning di perangkat dan juga mampu memberikan performa kamera yang lebih baik.

Selain itu, Apple juga membenamkan teknologi keamanan Secure Enclave. Teknologi ini dirancang untuk memberikan lapisan keamanan ekstra dan menjaga keamanan data pengguna yang sensitif.

Performa dari kedua chipset ini sudah bisa dinikmati di perangkat MacBook Pro 2021 terbaru yang resmi diperkenalkan oleh Apple. (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0