telset

MacBook Pro 2021 Tiba dengan Desain Baru, Begini Spesifikasinya

Telset.id, Jakarta – Sesuai prediksi, Apple akhirnya resmi memperkenalkan MacBook Pro 2021 yang hadir dalam dua ukuran layar, 14 inci dan 16 inci. MacBook Pro terbaru 2021 ini tampil dengan desain yang berbeda, kapasitas baterai yang lebih baik, spesifikasi bertenaga berkat prosesor Apple M1 Pro dan M1 Max, dan harga yang bervariasi.

Laptop terbaru Apple ini mengusung desain yang baru, tapi sedikit mengingatkan kepada MacBook tradisional dengan bodi yang melengkung.

Apple mungkin ingin kembali ke desain-desain lawas dari perangkat populernya zaman dulu, seperti iPhone 13 dan iPad generasi terbaru yang kembali ke bingkai bodi yang datar.

Keyboard MacBook Pro 2021

Seperti rumor yang beredar sebelumnya, MacBook pro 2021 pun meninggalkan Touch Bar dan menggantikannya dengan deretan tombol fungsi standar yang kini berukuran penuh. Keyboard laptop ini pun tampil dengan wajah baru berkat warna yang serba hitam.

MacBook Pro 2021 Tampil Fullscreen dengan Layar Berponi

MacBook Pro 2021 Layar

Laptop MacBook Pro terbaru hadir dengan opsi dua ukuran layar. Model 16 inci memiliki panel layar IPS LCD berukuran 16,2 inci dengan resolusu 2.456 x 2.234 piksel.

Sementara varian 14 inci, menggunakan panel IPS LCD juga dengan ukuran 14,2 inci. Resolusinya pun hampir sama dengan 3.024 x 1.964 piksel.

Persamaan pada layar keduanya adalah sama-sama didukung refresh rate 120Hz, intensitas cahaya maksimal 1.600 nits, cakupan warna yang lebar Display-P3, sampai dukungan terhadap konten HDR. Lebih lanjut, keduanya juga memiliki lampu latar yang terdiri dari 10.000 mini-LED untuk kontras yang presisi.

Baca juga: Tips Tambah Memori Penyimpanan MacBook

Perkiraan tentang layar berponi pun benar adanya. Kini, MacBook Pro 2021 sudah tampil seperti iPhone 13 terbaru yang memiliki notch atau poni berukuran mini.

MacBook Pro 2021 Layar

Poni ini menjadi ruang bagi kamera HD 1080p untuk keperluan FaceTime. Ada kemungkinan Apple akan menambahkan dukungan Face ID pada update software di masa mendatang.

Tampilan layar ini semakin terlihat lapang berkat bezel berukuran lebih kecil dari sebelumnya. Pengguna pun dijamin mendapatkan pengalaman visual lebih maksimal saat menggunakan perangkat terbaru ini.

Spesifikasi dan Harga MacBook Pro 2021 14 & 16 Inci

MacBook Pro 2021 spesifikasi

Membahas soal spesifikasi yang diusungnya, MacBook Pro 2021 sudah ditenagai prosesor yang lebih bertenaga, kapasitas baterai dengan daya tahan yang lebih panjang, ketersediaan port lebih lengkap, serta ruang memori penyimpanan yang lebih luas dan kencang.

Laptop ini ditenagai oleh prosesor Apple M1 Pro. Pengguna bisa membeli varian lebih baik dengan chipset M1 Max melalui situs resmi jika diperlukan.

Dengan prosesor yang baru, MacBook pro 2021 mampu memiliki RAM terpadu hingga 32 GB untuk varian dengan M1 Pro atau 64 GB untuk versi M1 Max. Apple menggunakan SSD lebih cepat dengan read speed sampai 7,4 GB/s, lengkap dengan kapasitas lebih lega dari 512 GB sampai 8 TB.

Berbicara soal baterai, MacBook Pro 2021 terbaru punya masa pakai baterai yang lebih bagus. Model 16 inci dapat memutar video sampai 21 jam non stop, sementara 14 inci bisa melakukan pemutaran video tanpa henti hingga 17 jam penuh.

Apple sadar bahwa mereka sering dikritik oleh para fanboy yang mengeluh soal ketersediaan port pada laptopnya. Kini, MacBook Pro 2021 hadir dengan pilihan port lebih banyak dari sebelumnya.

Baca juga: Apple FanBoy Tidak Tertarik Beli iPhone 13

Sekarang ada slot kartu SDXC, tiga USB-C Thunderbolt 4, jack audio 3,5mm, dan juga port MagSafe dengan kemampuan charging lebih cepat.

Tersedia juga port HDMI ukuran penuh yang bisa mendukung sampai dua layar 6K Pro Display XDR untuk versi M1 pro dan tiga layar 6K Pro Display XDR serta satu layar 4K bersamaan untuk M1 Max.

Fitur lainnya, MacBook Pro terbaru juga mengusung 6 speaker stereo yang mendukung fitur audio spasial dari Dolby Atmos. Sistem mikrofon juga ditingkatkan dengan fitur bernama Studio Quality yang bisa menurunkan tingkat kebisingan dibandingkan seri sebelumnya.

Soal harga, MacBook Pro 2021 dijual dengan harga mulai USD 1.999 untuk varian 14 inci dan USD 2.499 untuk model 16 inci. Bagi konsumen yang membeli model M1 Pro, mendapatkan adaptor charger 67W USB-C.

Sedangkan untuk pembeli model M1 Max, mendapatkan adaptor 96W USB-C. Kabel USB-C ke MagSafe 3 sepanjang 2 meter pun tersedia dalam paket pembelian. (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0