Sony Xperia 1, Smartphone Besar dengan Teknologi Sony Bravia

Xperia 1
Foto: AndroidPIT

Telset.id,Jakarta – Sony mencoba membuat terobosan baru lewat smartphone anyarnya, Sony Xperia 1. Smartphone ini mengusung layar berukuran besar dengan aspek rasio 21 : 9. Dimensi atau rasio tersebut biasanya digunakan dalam pembuatan film blockbuster.

Xperia 1 diperkenalkan Sony di ajang Mobile World Congress (MWC) 2019, di Barcelona, Spanyol. Smartphone ini mengusung layar berjenis HDR OLED berukuran 6,5 inci dengan teknologi yang biasanya disematkan pada seri TV Sony Bravia.

Sony Xperia 1 juga memiliki kemampuan handal dalam menangkap foto dan merekam video 4K dalam rasio 21 : 9.

{Baca juga: 5 Smartphone Lipat yang Diperkenalkan Tahun Ini}

Sebab, smartphone ini disematkan juga dengan tiga kamera utama dengan resolusi masing-masing 12MP lensa wide-angle, lena telephoto 52mm, dan lensa superwide 16mm.

Presiden Sony Mobile Communications, Mitsuya Kishida mengatakan Sony memiliki warisan yang kaya untuk memenuhi tuntutan teknologi dari para pembuat film profesional, baik dalam hal suara maupun tampilan.

“Xperia baru kami akan menghadirkan teknologi asli dengan banyak fitur kelas profesional untuk menciptakan pengalaman hiburan yang hanya mungkin dilakukan oleh Sony,” kata Kishida, seperti dikutip dari The Star Online, Selasa (26/02/2019).

Selain Xperia 1, perusahaan yang didirikan pada 2001 ini juga membawa layar dengan rasio 21 : 9 ke dua smartphone kelas menengah, yakni Xperia 10 dan Xperia 10 plus. Meski memiliki terobosan baru, namun menurut Ben Wood dari CCS Insight, perangkat Sony ini akan sulit untuk menonjol dari kerumunan industri smartphone sekarang.

“Kami tidak yakin bahwa rasio 21 : 9 cukup membawa perbedaan, meskipun kredensial kuat Sony dalam konten,” ungkapnya.

{Baca juga: Waduh, Nokia 9 PureView Bikin Penderita Trypophobia Ketakutan}

Sementara itu, analis industri Paolo Pescatore dari PP Foresight mengatakan, perangkat baru ini merupakan strategi tepat yang dilakukan oleh Sony. Akan tetapi, mereka akan terus menghadapi tantangan monumental dalam bersaing dengan para pesaingnya yang terus meluncurkan perangkat baru dengan fitur-fitur baru, dan dibanderol dengan harga mahal.

“Terutama produsen smartphone asal Asia yang bergerak dan meningkatkan pangsa pasar dengan sangat cepat, seperti yang dilakukan Huawei dan Xiaomi,” jelasnya.

Sekadar informasi, Huawei dan Xiaomi sama-sama mengumumkan perangkat 5G di MWC 2019. Huawei juga merupakan brand asal China yang sukses menggeser Apple dari posisi nomor dua dalam penjualan smartphone. Mereka juga berhasil membuat gebrakan dengan merilis smartphone lipat, Huawei Mate X. (BA/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here