Waduh, Nokia 9 PureView Bikin Penderita Trypophobia Ketakutan

Telset.id, Jakarta – Para penderita trypophobia atau ketakutan terhadap lubang mengklaim bahwa smartphone terbaru Nokia, Nokia 9 PureView telah memicu kondisi atau respon trypophobic mereka.

Hal itu disebabkan karena smartphone memiliki fitur penta-lens atau lima lensa kamera, dan dua lubang tambahan untuk lensa ToF yang membantu kamera utama mendapatkan informasi kedalaman pada foto, serta dual-tone LED Flash.

Ketujuh lubang di body belakang Nokia 9 PureView inilah yang membuat orang yang mengidap trypophobia merasa tidak nyaman.

{Baca juga: Nokia 9 PureView, Ponsel 5 Kamera Pertama di Dunia}

Sejumlah orang mengunggah tweet tentang dampak mengejutkan yang dimiliki smartphone Nokia itu terhadap mereka, dan seorang psikolog mengatakan bahwa gadget itu dapat “memicu respon trypophobic” pada seseorang yang berpose untuk difoto menggunakan smartphone ini.

Satu di antaranya mengklaim, perangkat terbaru Nokia tersebut membuat mereka merasa diserang secara pribadi.

“Smartphone ini membuat saya merinding, “tulis netizen bernama Deanna Williams di Twitter.

Sementara itu, Noel R. Mayer, pemilik akun Twitter Noel The Walrus meminta agar Nokia melakukan pencarian tentang trypophobia sebelum merancang smartphone baru.

“Yo, @NokiaMobile! Google trypophobia sebelum Anda merancang smartphone baru, silakan. Itu ada di seluruh situs teknologi, memicu serangan panik. Jangan mencari Nokia baru! #MentalHealth,” tulisnya.

Pengalaman kurang menyenangkan juga dialami oleh seorang desainer game, Ishan Manjrekar yang merasa tidak nyaman melihat foto-foto unit dari Nokia 9 PureView.

{Baca juga: Menakjubkan! Ini Hasil Lima Kamera Nokia 9 PureView}

“Gambar foto-foto Nokia 9 ini harus disertai dengan peringatan trypophobia! Aku merasa sedikit tidak enak melihat mereka,” tulisnya.

Seorang dosen senior di Pusat Penelitian Otak di Universitas Essex, Dr Geoff Cole mengatakan kepada Metro, seperti diikutip Telset.id pada Selasa (26/02/2019), bahwa ia menerbitkan makalah akademis pertama tentang trypophobia. Ia mengatakan, pola kamera Nokia 9 PureView memiliki struktur yang menyebabkan trypophobia.

“Ketika seseorang mengambil gambar Anda, kamera pada smartphone ini dapat memicu respon trypophobia,” katanya.

Ia percaya bahwa pola lubang yang memicu trypophobia memiliki struktur matematika yang mirip dengan pengaturan warna atau tanda pada predator atau hewan dan tanaman beracun.

{Baca juga: Nokia 9 PureView akan Diluncurkan di Indonesia?}

“Saya banyak menerima surat dan email yang mengatakan mereka tidak bisa bekerja selama tiga hari ketika melihat gambar seperti itu,” jelasnya.

Ada sebagian orang yang mengaku merasa sulit berkonsentrasi setelah melihatnya. Bagi sebagian besar orang, mereka merasa melihat sesuatu yang buruk dan terus muncul di pikiran mereka. (BA/FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

HARGA DAN SPESIFIKASI
REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI