Sony Alpha 7S III Mirrorless, Bisa Rekam Video 4K 120P

Telset.id, Jakarta – Sony meluncurkan produk terbaru kamera mirrorless Alpha 7S III, yang mendukung fitur video 4K 120P dan peningkatan performa AF dan sederet fitur lainnya.

Kamera ini dilengkapi dengan sensor gambar back-illuminated full-frame 12.1MP terbaru dengan sensitivitas yang sangat tinggi dan 15+ stop wide dynamic range.

{Baca juga: Sony ZV-1 Sasar Tren Video Kasual di Indonesia}

Alpha 7S III diklaim akan menjadi perangkat yang dapat menunjang kreativitas video profesional dan seluruh jenis pengambilan gambar hybrid still/ video.

Arsitektur sistem Alpha 7S III dirancang ulang untuk menghasilkan video dan performa pengambilan gambar still yang lebih baik. Sensor gambar terbaru 35mm full-frame 12.1MP (kurang lebih, efektif) back-illuminated Exmor R CMOS mengurangi rolling shutter hingga tiga kali.

Kamera ini menggunakan berbagai teknik pengumpulan cahaya mutakhir untuk memastikan sensitivitas tinggi dengan noise rendah, sehingga memungkinkan pengguna untuk mengambil gambar pada situasi pencahayaan yang sulit tanpa pengaturan pencahayaan berskala besar.

Selain peningkatan pada kualitas gambar, sensor gambar terbaru ini mencakup sistem focal plane phase-detection AF untuk pertama kalinya pada kamera seri S. Untuk melengkapi sensor baru ini, kamera Alpha 7S III juga memiliki mesin pemrosesan gambar BIONZ XR terbaru.

Mesin pemrosesan ini diklaim menyediakan lebih dari 8 kali kekuatan pemrosesan, mengurangi latensi pemrosesan, memungkinkan lebih banyak fitur khas dari still dan pencitraan kamera.

Sistem terbaru ini juga dilengkapi dengan viewfinder elektronik eye-level OLED 9.44 juta-dot (kurang lebih) yang paling terang dan terbesar di dunia.

Alpha 7S III juga merupakan kamera pertama di dunia dengan slot kartu dual CFexpress Tipe A, memungkinkan proses transfer data dengan kecepatan tinggi dalam ukuran yang efektif.

Kamera Alpha 7S III menawarkan perekaman 4K dalam kamera hingga 120 frame per detik, kedalaman 10-bit dan pengambilan sampel warna 4:2:2.

Kualitas Gambar yang Ditingkatkan

Sensor gambar CMOS dan mesin prosesor gambar BIONZ XR terbaru memberikan sensitivitas dengan peningkatan reproduksi warna yang signifikan dan rendering tekstur untuk meningkatkan kualitas gambar secara keseluruhan.

ISO dasar telah diturunkan menjadi 80, menghasilkan rentang normal 80-102,400 (dapat diperluas hingga 80-409,600 untuk video and 40-409,600 untuk still) guna memberikan ISO yang lebih fleksibel.

Ditambah wide dynamic range dengan noise rendah di semua pengaturan. Hal ini dapat memberikan peningkatan kualitas gambar hingga kurang lebih 1 stop noise reduction pada rentang sensitivitas menengah dan tinggi.

{Baca juga: Sony SEL1224GM, Lensa Zoom Terlebar di Dunia}

Untuk pertama kalinya dalam kamera seri Alpha 7S, Alpha 7S III menawarkan Fast Hybrid AF dengan menggabungkan phase-detection dan contrast-detection AF. Pada suasana gerak dinamis, fitur pelacakan Real-time dan Real-time Eye AF tersedia untuk mempertahankan fokus konstan pada subjek yang ditargetkan.

Real-time Eye AF Sony yang canggih meningkatkan kinerja pendeteksian sebesar 30% dibandingkan sistem sebelumnya, berkat mesin pengolah gambar yang baru.

Struktur Pembuang Panas Baru

Desain Alpha 7S III telah dirombak untuk memastikan pembuangan panas yang lebih efektif dan mencegah pemanasan berlebih. Bahkan selama sesi perekaman video terus-menerus dengan fitur 4K 60p 10-bit 4:2:2 selama satu jam atau lebih.

{Baca juga: Sony Pamer ‘Kepintaran’ AI di Kamera Xperia 1 II}

Struktur pembuangan panas tidak memerlukan kipas atau ventilasi kabinet yang memungkinkan Alpha 7S III aman dari debu dan kelembaban .

Untuk video on-the-go, Alpha 7S III adalah kamera seri Alpha pertama yang menyertakan Mode Aktif dengan stabilisasi gambar optik 5-sumbu dalam bodi untuk mendukung pembuatan film.

Harga Sony A7S III

Sony telah menambahkan kemampuan dan fitur baru di Alpha 7S III. Tak heran jika kamere mirrorless ini dibanderol dengan harga yang sangat menguras isi kantong.

Sony membanderol Sony A7S III untuk varian body only dikisaran harga USD3,500, atau sekitar Rp 51 jutaan. Menilik harganya memang cukup fantastis, untuk ukuran Indonesia pastinya.

Tapi harus dicatat juga, kemampuan kamera mirrorless yang satu ini sangat istimewa, jika dibandingkan dengan kamera mirrorless pada umumnya.

Kami rasa cukup wajar bagi Anda penggemar fotografi. Untuk ketersediaannya, Sony A7S III mulai dijual pada September 2020 mendatang. [HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here