Sony Pamer ‘Kepintaran’ AI di Kamera Xperia 1 II

Telset.id, Jakarta – Tidak ada yang pernah meragukan kualitas kamera Sony. Meski ‘tenggelam’ di pasar smartphone, namun pabrikan asal Jepang ini masih ingin membuktikan keampuhan kameranya lewat produk anyarnya Xperia 1 II.

Kamera Sony selalu menjadi fitur utama dari smartphone Xperia, meskipun secara penjualan mereka tidak pernah meraih kesuksesan terbesar, kalah dibanding pesaingnya seperti Samsung, Apple, dll.

{Baca juga: Ini Spesifikasi Sony ZV-1, Kamera Saku untuk Vlogger!}

Namun dengan kamera Xperia 1 II, Sony menjanjikan hasil jepretan dan video yang luar biasa berkat perangkat keras dan pemrosesan yang ditingkatkan. Bahkan untuk membuktikannya, mereka merilis video promonya.

 

Yang paling menarik dari video pendek ini adalah bagaimana AI fokus bekerja. Kamera menggunakan AI untuk mengenali objek dalam foto dan kemudian mengambil keputusan untuk fokus pada objek yang kemungkinan besar adalah subjek utama Anda.

 

Pengenalan objek AI dibantu oleh sensor 3D ToF, yang menangkap peta topografi semua subjek dalam jarak beberapa meter. Dan karena kamera 3D ToF bekerja tergantung dari cahaya yang tersedia, ini berarti autofokus mungkin akan bekerja dengan baik, bahkan dalam kondisi cahaya redup.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Xperia 1 II yang diluncurkan pada Februari 2020 ini memiliki layar berukuran 6,5 inci dengan resolusi 4K, panel OLED. Layarnya sudah menerapkan teknologi motion blur reduction untuk pergerakan visual yang lebih halus.

Ponsel ini sudah dilindungi lapisan Gorilla Glass 6 pada bagian depan dan belakang, dan juga telah mengantongi sertifikasi IP65/68, anti debu dan air. Seperti seri sebelumnya, posisi speaker stereo masih diletakkan di sisi depan.

Pada bagian mesinnya, ponsel ini diotaki chipset Snapdragon 865, yang disokong dengan RAM 8GB, ruang penyimpanan internal 256GB, dan berjalan dengan sistem operasi Android 10.

Sementara kapasitas baterainya sebesar 4000mAh, dengan dukungan fast charging, yang diklaim mempu mengisi daya 50% hanya dalam waktu 30 menit. Selain itu, ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan standar Qi fast wireless charging.

Xperia 1 II disebutkan menjadi smartpone pertama di dunia yang memiliki kemampuan memotret secara cepat (continuous shooting) hingga 20fps, dengan fokus dan eksposure bisa mencapai 60fps. Kemampuan yang dimiliki kameranya itu karena memanfaatkan kombinasi hardware untuk menciptakan sistem autofocus super cepat.

Ponsel ini memiliki sistem triple camera dengan focal length yang berbeda, yakni 16mm f/2.2 (ultra-wide angle), 24mm /1.7 (wide-angle) dan 70mm f/2.4 (telefoto 3x). Ketiga kamera itu memiliki resolusi 12MP, dan OIS untuk dua kamera terakhir.

Kehandalan kamera Xperia 1 II didukung optik dari Zeiss, dengan tambahan lapisan Zeiss T coating untuk hasil render dan kontras foto lebih baik, dengan menurunkan refleksi cahaya. Ditambah dengan sensor Exmor RS 1/1.7 inci yang diklaim 1,5 kali lebih sensitif dari generasi sebelumnya, serta ditambah sensor 3D iToF.

{Baca juga: Inikah Sony Xperia Terbaru yang Bakal Rilis di MWC 2019?}

Well, jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang Xperia 1 II, Anda bisa langsung menonton video yang dirilis Sony. Dalam video tersebut tidak hanya membahas kamera saja, tetapi juga konektivitas 5G, kinerja, tampilan dan masa pakai baterai. Silahkan disimak videonya:

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

5 HP Murah dengan Snapdragon 665, Dijamin Baterai Awet!

Telset.id - Smartphone dengan baterai yang awet, bukan cuma karena menawarkan kapasitas yang besar. Sebuah HP pintar dengan baterai awet...

Sarung Tangan Khusus Ini Bisa Menerjemahkan Bahasa Isyarat

Telset.id, Jakarta - Para peneliti dari Sekolah Teknik Samueli UCLA telah mengembangkan sarung tangan canggih yang bisa menerjemahkan gerakan...

Beli Kosmetik di Korea Selatan Bisa via Cermin AR

Telset.id, Jakarta - Di Korea Selatan, beli kosmetik secara virtual bisa via cermin augmented reality atau AR. Teknologi itu...

Eau de Space, Parfum Luar Angkasa Buatan Eks Ilmuwan NASA

Telset.id, Jakarta - Seorang ahli kimia bernama Steve Pearce, yang pernah bekerja untuk NASA, membuat parfum aroma luar angkasa....

Asus Zenfone Max Pro M1 Kebagian Update Android 10 Beta

Telset.id, Jakarta - Asus terus melanjutkan konsistensinya untuk memberikan dukungan sistem operasi terbaru bagi seri lawas mereka. Baru-baru ini,...
- Advertisement -