Gizmo

Qualcomm Rilis Chipset Wearable Snapdragon W5 Gen 1 dan W5+ Gen 1

Sigit Nugraha
Share

Telset.id, Jakarta – Qualcomm memperkenalkan chipset untuk perangkat wearable terbarunya Snapdragon W5 Gen 1 dan Snapdragon W5+ Gen 1. Kedua chip baru ini merupakan penerus Snapdragon Wear 4100/4100+.

Seperti diketahui, chipset Snapdragon Wear 4100/4100+ adalah platform lama yang mengotaki beberapa seri smartwatch dari Mason, Zebra, TAG, dan juga Louis Vuitton.

Snapdragon W5 Gen 1 dan W5+ Gen 1 merupakan chip seri terbaru Qualcomm yang akan menggantikan slot Wear 4100/4100+ untuk perangkat wearable mendatang.

Kedua chip baru ini diklaim membawa peningkatan kecepatan yang signifikan hingga 2x dibanding seri sebelumnya. Selain itu, kedua chip ini juga memberikan peningkat masa pakai baterai yang lebih lama hingga 50 persen.

Peningkatan itu karena Qualcomm menggunakan proses manufaktur semikonduktor 4nm (nanometer) yang lebih canggih dari sebelumnya, dan juga desain chip yang ditingkatkan.

W5+ Gen 1 dilengkapi unit Always-ON (AON) yang dioptimalkan untuk pengenalan suara, pemutaran media, positioning, dan tugas lain yang tidak memerlukan prosesor pusat untuk ON.

Qualcomm menunjukkan spesifikasi “Power Islands” pada W5+ Gen 1. Dalam terminologi desain chip, ini berarti bahwa seluruh bagian chip dapat dimatikan seluruhnya (tidak ada daya sama sekali), untuk masa pakai baterai maksimum, terutama untuk Audio, Wi-Fi, dan GNSS.

Selain itu, ada juga fitur Deep Sleep dan Hibernate Power yang tidak dimiliki oleh seri W5 (non-plus). Meskipun bukan berarti tidak ada penggunaan daya sama sekali, namun fitur ini akan membuat konsumsi daya tidak akan berkurang secara signifikan.

BACA JUGA:

Tanpa membahas semua detail teknis, kedua prosesor wearable generasi baru buatan Qualcomm ini tampaknya sangat menjanjikan dan menarik dari sudut pandang pengguna yang menginginkan jam tangan pintarnya lebih irit daya.

Dapat dimaklumi, karena selama ini masa pakai baterai memang menjadi masalah klasik untuk perangkat wearable. Semoga saja Snapdragon W5 Gen 1 dan W5+ Gen 1 akan bisa menjadi solusinya. [SN/HBS]

 

Leave a Comment