Gizmo

Google Siapkan “Rohan”, Smartwatch Pesaing Apple Watch

Naufal Mamduh
Share

Telset.id, Jakarta – Setelah smartphone Google Pixel Series, Google berencana untuk membawa smartwatch yang bakal bersaing dengan Apple Watch. Smartwatch buatan Google ini memiliki kode “Rohan”.

Google punya rencana untuk mengganggu kesuksesan Apple Watch yang mendominasi pasar jam tangan pintar. Di tahun 2022 mendatang, raksasa pencarian ini bakal meluncurkan jam tangan eksklusif dan punya desan berbeda.

Dilansir Telset dari Engadget pada Sabtu (4/12/2021), sumber anonim dari media Insider menyebut Google akan merilis smartwatch tahun depan dengan nama kode “Rohan”. Selain nama kode, dijelaskan pula mengenai teknologi dari jam pintar Google.

Rohan akan menjadi jam tangan pintar yang canggih dan khas dengan sensor detak jantung dan baterai yang harus diisi setiap hari. Tali jam tangannya eksklusif dan berbeda dengan desain tali jam yang selama ini beredar di pasaran.

Mengenai perangkat lunak, Rohan kemungkinan akan didukung oleh Wear OS 3 buatan Google. OS ini dibuat khusus untuk memudahkan pengguna mengakses berbagai platform Google, seperti halnya Google Pixel.

Baca juga: Google Buka Beasiswa IT di Indonesia

Kabarnya arloji pintar Google sengaja dihadirkan sebagai pesaing Apple Watch. Sayangnya Google menolak berkomentar mengenai isu tersebut, tetapi kabar perilisan smartwatch dengan kode Rohan memunculkan kembali isu yang sempat ramai beberapa tahun lalu.

Sebenarnya Google mau mengembangkan smartwatch sendiri, tetapi upaya tersebut dihentikan pada tahun 2016. Sejak saat itu Google lebih fokus mengembangkan Wear OS untuk perangkat jam pintar lain seperti Fossil dan LG.

Kemudian di tahun 2021, perusahaan mulai bergerak maju dengan mengakuisisi perusahaan teknologi pembuat arloji pintar Fitbit.

Smartwatch Google Jadi Pesaing Apple Watch

Kehadiran jam tangan pintar dari Google dinilai sangat diperlukan agar pasar produk ini semakin ramai. Terlebih ketika Apple Watch terus mendominasi pasar dan mengalahkan merek Samsung dan Garmin, serta beberapa merek yang menawarkan smartwatch murah.

Diharapkan, dengan masuknya Google ke industri dapat menjadi pesaing bagi Apple sehingga pasar semakin menarik. Bagi Google sendiri, Rohan bisa menambah portofolio produk bagi perusahaan pimpinan Sundar Pichai itu.

Baca juga: Google Pixel Fold Batal Meluncur Gegara Samsung Galaxy Z Fold3

Kalau benar dirilis, artinya selain memiliki perangkat IoT seperti Google Nest dan Google Home, serta perangkat smartphone Pixel, Google juga menjual smartwatch untuk konsumen di seluruh dunia. Jadi kita tunggu saja di tahun 2022 mendatang ya. (NM/MF)

Leave a Comment