DxOMark: Kamera iPhone 12 Mini Setara iPhone 12

Telset.id, Jakarta – DxOMark akhirnya resmi merilis hasil skor pengujian yang mereka lakukan pada kamera iPhone 12 Mini. Penasaran, berapa skor yang didapat varian terendah dari iPhone 12 ini?

DxOMark adalah situs yang berfokus untuk melihat sejauh mana kemampuan kamera yang dimiliki sebuah smartphone. Ulasan yang diberikan sangat rinci, dan telah mendapat pengakuan dari banyak pihak.

Kali ini mereka melakukan pengujian pada salah satu lini iPhone 12 yaitu iPhone 12 Mini. Sebagai informasi, iPhone 12 mini memiliki konfigurasi kamera belakang yang sama persis dengan iPhone 12.

{Baca Juga: Gak Laku, Apple Kurangi Produksi iPhone 12 Mini}

Hasil dan performa kamera keduanya tidak jauh berbeda. Berikut hasil skor pengujian kamera pada iPhone 12 mini yang dilakukan oleh DxOMark.

Skor DXoMark iPhone 12 Mini

Skor DxOmark iPhone 12 mini

Skor DxOmark iPhone 12 mini mengantongi 122 poin secara keseluruhan dari DxOMark. Hasil ini membuatnya menempati peringkat ke 14 bersama iPhone 12 dan Honor V30. Tapi skor yang dicatatnya masih kalah dengan Huawei Mate 30 Pro yang dirilis pada 2019.

Sebaliknya, iPhone 12 Pro Max berada di peringkat kelima dengan skor 130 dan iPhone 12 Pro menguntit di peringkat keenam dengan skor sebesar 128.

Skor DxOmark iPhone 12 mini ini mendapatkan skor foto sebesar 132 poin, sementara untuk video mendapat 112 dan zoom dengan skor 41.

Menurut DxOMark, iPhone 12 Mini kurang stabil saat merekam video. Namun secara keseluruhan, pengaturan kamera yang bekerja sangat baik secara umum, dengan eksposur target akurat di sebagian besar kondisi dan menjaga detail halus dengan baik.

“Dynamic range-nya dibatasi, dengan highlight terpotong di sebagian besar kondisi pengujian. Terkadang terdapat cetakan white balance biru, dan noise sering terlihat, terutama dalam kondisi cahaya redup dan dalam ruangan,” tulis DxOMark.

Sementara catatan untuk perekaman video, eksposur cukup akurat dan dynamic range yang cukup lebar. Rendering warna dan rona kulit cukup baik di berbagai kondisi. Fokus otomatis juga cukup akurat baik di dalam maupun di luar ruangan.

{Baca Juga: Test Ketahanan ‘Baterai Mungil’ iPhone 12 Mini}

Stabilisasi gambar juga lumayan baik dalam kondisi statis atau saat berjalan. Meski demikian, DxOMark juga menemukan kekurangan pada perekaman video.

Dalam cahaya redup, noise sering terlihat dan beberapa detail halus menghilang. Perbedaan ketajaman gambar juga terlihat. Demikian juga dengan ketidakstabilan fokus otomatis.

iPhone 12 mini memiliki kamera belakang ganda. Lensa utama memiliki sensor resolusi 12MP dengan piksel unit 1,4 mikron, apertur F1.6, mendukung stabilisasi gambar optik, fokus otomatis, dll. Lensa kedua adalah sensor 1 / 3,6 inci sudut lebar ultra 12MP dengan aperture F2.4. (HR/HBS)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -