Test Ketahanan ‘Baterai Mungil’ iPhone 12 Mini

Casing iPhone 12 Mini Error
iPhone 12 Mini (Foto: MacRumours)

Telset.id, JakartaApple meluncurkan beragam seri iPhone 12 yang bisa dipilih oleh konsumen, salah satunya adalah iPhone 12 Mini. Perangkat iPhone 12 Mini juga dibekali kapasitas baterai yang paling kecil, yakni 2.227 mAh.

Jika dilihat dari segi angka, baterai 2.227 mAh milik iPhone 12 Mini tentunya sangat kecil. Apalagi jika dibandingkan dengan baterai smartphone Android, yang mayoritas sudah menggunakan baterai 4.000 mAh hingga 6.000 mAh.

Dengan kapasitas baterai yang sangat kecil ini, apakah smartphone ini bisa digunakan selama seharian penuh? Untuk mengetahui hal tersebut, Phone Arena telah melakukan sejumlah pengujian.

iPhone 12 Mini Battery Test

Apabila dibandingkan dengan perangkat iPhone 12 lainnya, seperti iPhone 12, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max, kapasitas baterai yang paling kecil.

  • iPhone 12 Mini 2.227 mAh
  • iPhone 12 dan 12 Pro 2.815 mAh
  • iPhone 12 Pro Max 3.687 mAh

{Baca Juga: Konyol! Baterai iPhone 12 Mini Hanya 2.227mAh}

Phone Arena telah melakukan sejumlah pengujian untuk mengetahui kemampuan baterai dari iPhone 12 Mini. Mulai dari uji streaming video, web browsing, hingga gaming. Berikut ini hasil pengujian lengkapnya.

iPhone 12 Mini: YouTube Video Streaming Battery Test

streaming video iphone 12 Mini
Tes Streaming Video iPhone 12 Mini (Foto: Phonearena)

Jika Anda suka menonton video di YouTube. Tentu ini merupakan hal yang sangat penting. Berdasarkan pengujian, baterai iPhone 12 Mini bisa bertahan hingga 5 jam 10 menit untuk streaming video non stop dari 100% hingga ponsel mati total.

Meski cuma sebentar, namun hasil ini sedikit lebih baik jika dibandingkan dengan iPhone SE 2020. Namun hasil yang didapat tidak lebih baik dari yang didapat iPhone 12 dan iPhone 12 Pro.

{Baca Juga: Perbandingan iPhone 12 vs iPhone 12 Mini, Pilih Mana?}

Saat dibandingkan dengan perangkat Android seperti Pixel 5, smartphone buatan Google tersebut bisa bertahan selama 8 jam 49 menit untuk pengujian yang sama. Sedangkan Samsung Galaxy S20 sanggup streaming video di YouTube hingga 10 jam 20 menit.

iPhone 12 Mini: Web Browsing Battery Test

Tes Web Browsing iPhone 12 Mini
Tes Web Browsing iPhone 12 Mini (Foto: Phonearena)

Pada tes ini, iPhone 12 Mini digunakan untuk menjelajah beragam web. Ini merupakan tes yang menyerupai penggunaan sehari-hari.

Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, iPhone 12 Mini mampu melakukan tugasnya dengan baik dengan kapasitas baterai kecilnya. Perangkat ini dapat digunakan hingga 11 jam. Kinerjanya mendekati smartphone Android dengan ukuran baterai hampir dua kali lipat.

iPhone 12 Mini: 3D Gaming Battery Test

Gaming Test iPhone 12 Mini
Gaming Test iPhone 12 Mini (Foto: Phonearena)

Gaming test dilakukan pada Mini dan yang terjadi adalah ponsel ditasa cukup panas. Anda tidak bisa berharap banyak karena smartphone hanya bertahan selama 2 jam 22 menit untuk bermain game. Durasi ini hampir sama dengan lama pengisian dayanya.

Beberapa game mobile dimainkan pada pengujian ini, seperti Minecraft dan Call of Duty Mobile. Kdua game tersebut bisa berjalan dengan baik. Pada COD Mobile, pengaturan grafik diatur pada Very High dan frame rate di High.

{Baca Juga: Spesifikasi Lengkap iPhone 12, 12 Mini, 12 Pro, dan 12 Pro Max}

Perangkat mulai memanas secara signifikan dan kemudian menguras baterai dengan cepat. Tentunya ini sangat tidak ideal untuk menikmati gameplay dengan baik.

Secara keseluruhan, iPhone 12 melakukan tugas yang cukup baik, selain gaming tentunya. Meski kapasitas baterai yang tidak begitu besar, namun cukup baik untuk penggunaan sehari-hari. Jika Anda tidak menggunakannya dengan intensitas yang cukup tinggi, jelas smartphone ini bakal bisa bertahan lebih lama. (HR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here