Samsung Segera Enyahkan Tren Smartphone Berponi

Muhammad Faisal Hadi Putra
Share

Telset.id, Jakarta – Samsung sepertinya ingin melenyapkan tren smartphone berponi atau yang memiliki  notch dalam waktu dekat. Sebab baru-baru ini, muncul bocoran foto soal rencana desain Samsung untuk membuat smartphone-nya lebih bezel-less  tanpa menggunakan notch.

Seperti diketahui, desain berponi dimulai oleh Essential Phone, dan dipopulerkan oleh iPhone X.

Setelah itu, berbagai brand smartphone langsung mengadopsi desain tersebut, sehingga membuat desain smartphone semakin mainstream dan tampak mirip satu sama lain.

Dilansir dari Techspot, Senin (22/10/2018), bocoran foto ini diunggah oleh akun Twitter Ice Universe yang memperlihatkan suasana acara “2018 Samsung OLED Forum” pada Kamis (18/10/2018) lalu, di China. Di acara itu, Samsung memperlihatkan empat teknologi baru mereka untuk desain smartphone masa depan.

Keempat teknologi tersebut masing-masing adalah sensor sidik jari di dalam layar atau Fingerprint on Display (FoD), Under Panel Sensor (UPS), Haptic on Display (HoD), dan Sound on Display (SoD).

Keempat teknologi ini tentu terbilang sangat baru. Sehingga ketika Samsung memperkenalkan smartphone yang punya teknologi tersebut, bisa jadi mereka akan menjadi brand pertama yang bakal “menghentikan” tren desain smartphone berponi.

Sayangnya, tidak ada informasi lebih lanjut kapan Samsung membawa teknologi itu untuk smartphone-nya. Kemungkinan, beberapa dari keempat teknologi tersebut akan dibawa Samsung pada seri Galaxy S10.

Smartphone ini diyakini akan menjadi smartphone unggulan Samsung yang pertama menggunakan sensor sidik jari di layar. Selain itu, Galaxy S10 juga bakal memiliki peningkatan rasio screen-to-body ketimbang seri Galaxy S lainnya.

Sebelumnya, Samsung dilaporkan sedang menguji beberapa perangkat prototype yang memiliki kamera depan di dalam layar. Samsung sepertinya enggan mengusung desain kamera slider untuk “menyembunyikan” kamera depan, serta sensor lainnya untuk memaksimalkan rasio layar terhadap body smartphone.

Rumornya, teknologi kamera dalam layar masih dalam tahap awal pengembangan, sehingga implementasinya terhadap produk komersial diprediksi akan terjadi dalam beberapa tahun lagi.

Diprediksi, Samsung Galaxy S11 atau Galaxy Note 11 yang akan diluncurkan pada tahun 2020 mendatang bakal menjadi smartphone pertama dari Samsung yang memiliki kamera depan di dalam layar. (FHP)

Leave a Comment