Samsung akan Hilangkan Adaptor Charger di Galaxy A & M Series

Telset.id, Jakarta – Setelah menghilangkan adaptor charger dari Samsung Galaxy S21 Series, Samsung Galaxy S21 FE dan Samsung Galaxy S22 Series, Samsung juga kemungkinan tidak akan menyertakan komponen tersebut di lini HP terbaru Galaxy A dan Galaxy M Series.

Sekadar informasi, keputusan Samsung untuk tidak lagi menyediakan adaptor charger di dalam kotak pembelian dimulai pada tahun 2021 saat perusahaan meluncurkan Galaxy S21 Series.

Pabrikan ponsel Korea Selatan tersebut mengikuti jejak Apple. Sebelumnya Apple berhenti menyediakan adaptor pengisi daya untuk iPhone 12 Series pada tahun 2020.

Baca Juga: Samsung Galaxy S21 FE Dijual Tanpa Charger

Samsung dan Apple berdalih bahwa keputusan tersebut diambil dengan alasan membuat produk yang lebih ramah lingkungan. Namun Samsung tetap menjual adaptor charger secara terpisah.

Menurut informasi yang diperoleh oleh Yogesh Brar, seorang leakers India, sebagaimana dikutip dari GizChina, Kamis (8/3/2022), “tidak akan ada pengisi daya di dalam kotak untuk model seri Galaxy M dan Galaxy A yang akan datang”.

Pembeli Galaxy A baru atau Galaxy M baru juga perlu membeli adaptor charger secara terpisah, kecuali mereka sudah memiliki aksesoris tersebut sebelumnya.

Keputusan ini mungkin juga bertujuan untuk menekan biaya produksi smartphone. Hilangnya charger yang disertakan memang mengurangi sampah elektronik dan ukuran kotak, jika alasan ramah lingkungan yang mereka gunakan.

Baca Juga: Samsung Hentikan Pasokan Produk Elektronik

Model pertama yang terkena kebijakan baru ini adalah Galaxy A73, Galaxy A53, Galaxy A33, dan Galaxy A23. Smartphone tersebut diperkirakan akan diluncurkan sekitar bulan Maret 2022.

Sampai berita ini diterbitkan, belum ada informasi atau keterangan resmi dari pihak Samsung.

Samsung Hentikan Pasokan Elektronik ke Rusia

Samsung resmi melakukan boikot terhadap Rusia, menyusul invasi yang negara tersebut lakukan ke Ukraina. Perusahaan teknologi asal Korea Selatan tersebut mengumumkan bahwa mereka menangguhkan semua pengiriman produknya ke Rusia.

“Karena perkembangan geopolitik saat ini, pengiriman ke Rusia telah ditangguhkan,” bunyi pernyataan dari perwakilan Samsung yang tidak disebutkan namanya, sebagaimana dilansir dari TheVerge, Minggu (5/3/2022).

Baca juga: Situs Pemerintah Ukraina Diserang, Ulah Rusia?

Bukan hanya smartphone, berbagai produk Samsung lainnya juga akan disetop, mulai dari chip, smartphone, elektronik, hingga aksesoris seperti adaptor charger. Langkah ini membuat berbagai produk Samsung akan sulit ditemukan di Rusia.

Selain menghentikan pasokan produk Samsung ke Rusia, perusahaan juga turut memberikan donasi kemanusiaan sebesar USD 6 juta, dan USD 1 juga dalam bentuk produk elektronis.

Baca Juga: HP Samsung Terbaru 2022

“Pikiran kami bersama semua orang yang terkena dampak dan prioritas kami adalah memastikan keselamatan semua karyawan kami dan keluarga mereka,” kata perusahaan.

“Untuk tujuan ini, kami menyumbangkan USD 6 juta, termasuk USD 1 juta dalam bentuk produk elektronik konsumen, serta sumbangan sukarela dari karyawan kami,” tambahnya. (HR/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0