Exynos 992 dengan Fabrikasi 5nm EUV Dipersiapkan, Untuk Note 20?

Telset.id, Jakarta – Setelah teknologi 7nm EUV yang digunakan pada SoC Exynos 990, Samsung dilaporkan tengah mengembangkan teknologi proses fabrikasi 5nm EUV. Kabarnya, fabrikasi 5nm EUV ini akan digunakan pada pengembangan prosesor Samsung Exynos 992.

Dilansir dari GSMArena, Jumat (29/05/2020), prosesor Samsung Exynos 992 merupakan penerus dari Exynos 990 yang digunakan pada trio Samsung Galaxy S20.

Sekadar informasi, Exynos 990 masih menggunakan litografi yang lebih besar, yakni 7nm EUV.

{Baca juga: Samsung Mulai Produksi Prosesor 6nm dan 7nm EUV Tahun Ini}

Exynos 992 akan menggunakan core CPU ARM Cortex-A78 dan arsitektur GPU Mali-G78. Secara teori, ini berarti memiliki efisiensi prosesor 20% lebih tinggi dibandingkan dengan yang ada di Cortex-A77 pada Exynos 990. Sedangkan GPU Mali-G78 akan menawarkan kinerja 25% lebih baik daripada Mali-G77.

Belum dapat dipastikan kapan chipset ini akan diluncurkan di produk Samsung. Bisa jadi, Exynos 992 akan menjadi mesin utama dari Samsung Galaxy Note 20 yang rencananya dirilis resmi pada Agustus mendatang.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Samsung Terbaru}

Selain Samsung, ARM mengonfirmasi bahwa Cortex-A78 yang dibangun dengan proses 5nmEUV tersebut juga tengah dikembangkan oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC).

Menurut pihak internal perusahaan, Samsung kemungkinan hanya akan menggunakan chipset Exynos 992 untuk smartphone Galaxy Note 20 di Korea Selatan dan beberapa negara Asia. Sementara untuk produk global di Eropa dan Amerika, Samsung akan mendorong produk mereka dengan SoC Snapdragon dari Qualcomm.

{Baca Juga: Covid-19 Paksa Samsung Tunda Produksi Chipset 3nm}

Dengan cara itu, Samsung akan menunjukkan kekuatannya di divisi Foundry and System LSI dalam upaya memikat perusahaan untuk beralih dari saingan Taiwan-nya tersebut.

Sebenarnya bukan hanya proses litografi EUV 5nm saja yang tengah diproduksi oleh Samsung. Sebelumnya, dikabarkan juga bahwa mereka pun bakal memproduksi proses litografi 3nm yang diproyeksikan untuk tahun-tahun mendatang.

Sayangnya, proyek pengembangan tersebut mesti tertunda akibat pandemi Covid-19. Wabah Covid-19 membuat Samsung tidak dapat menyelesaikan jadwal pemasangan peralatan yang diperlukan untuk lini produksi. Sehingga produksi chipset 3nm ini belum dapat dilakukan dalam waktu dekat. (IR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Beli Kosmetik di Korea Selatan Bisa via Cermin AR

Telset.id, Jakarta - Di Korea Selatan, beli kosmetik secara virtual bisa via cermin augmented reality atau AR. Teknologi itu...

Eau de Space, Parfum Luar Angkasa Buatan Eks Ilmuwan NASA

Telset.id, Jakarta - Seorang ahli kimia bernama Steve Pearce, yang pernah bekerja untuk NASA, membuat parfum aroma luar angkasa....

Asus Zenfone Max Pro M1 Kebagian Update Android 10 Beta

Telset.id, Jakarta - Asus terus melanjutkan konsistensinya untuk memberikan dukungan sistem operasi terbaru bagi seri lawas mereka. Baru-baru ini,...

Vivo Pastikan iQOO Z1x Ditenagai Snapdragon 765G

Telset.id, Jakarta - Vivo iQOO Z1x dirumorkan segera meluncur dalam waktu dekat, tepatnya pada 9 Juli mendatang. Menjelang peluncuran...

Samsung Galaxy M41 Siap Dirilis, Usung Baterai 6,800 mAh

Telset.id, Jakarta - Samsung Galaxy M41 akhirnya menampakkan diri. Sempat dinantikan kehadirannya, kini bocoran terbaru mengenai spesifikasi baterai Samsung...
- Advertisement -