Samsung “Beri Kode” Kalau Galaxy Fold Unggul dari Huawei Mate X

Telset.id, Jakarta – Samsung Galaxy Fold dan Huawei Mate X merupakan dua smartphone lipat dengan konsep desain yang berbeda. Meski sama-sama mengadopsi teknologi layar fleksibel yang bisa dilipat, kedua smartphone ini memiliki “cara lipatan” yang berbeda.

Perlu diketahui, Samsung Galaxy Fold mengandalkan layar berukuran 7,3 inci berjenis AMOLED dengan resolusi 1536 x 2152 piksel. Sedangkan Huawei Mate X, punya layar AMOLED berukuran 8 inci dengan resolusi 2480 x 2200 piksel.

Samsung mendesain Galaxy Fold agar dapat dilipat ke dalam, sehingga ketika dilipat, layar sekunder atau layar luarnya yang berukuran 4,6 inci yang akan aktif.

{Baca juga: Samsung Galaxy Fold vs Huawei Mate X: “El Clásico” Smartphone Lipat}

Sementara Mate X, didesain agar layarnya dapat dilipat ke luar. Ketika dilipat, layar bagian depan berukuran 6,6 inci dan aspek rasio 19,5 : 9 akan aktif, sementara layar yang berada di bagian belakang dengan ukuran 6,38 inci dan aspek rasio 25 : 9 akan mati.

Diungkapkan Director of Product Services and Commercial Strategy Samsung UK, Kate Beaumont, desain Galaxy Fold jauh lebih baik daripada smartphone dengan lipatan layar keluar, seperti Huawei Mate X. Sebab, desain lipatan ke dalam merupakan cara terbaik untuk melindungi layar fleksibel itu sendiri.

“Kami mempertimbangkan banyak pilihan. Kami merasa memiliki layar di bagian dalam adalah cara terbaik untuk melindungi layar itu,” katanya, seperti dikutip Telset.id dari The Verge, Rabu (27/02/2019).

Ia mengatakan, pihaknya memiliki teknologi untuk mengembangkan perangkat lipat dengan lipatan yang sangat kecil. Selain itu, Kate juga menyatakan bahwa perangkat dengan desain layar lipatan ke luar tidak membutuhkan penelitian dan pengembangan yang cukup banyak.

{Baca juga: 5 Smartphone Lipat yang Diperkenalkan Tahun Ini}

“Karena tentu saja jika Anda memiiki lipatan di luar, tidak perlu penelitian dan pengembangan yang cukup banyak untuk membuat perangkat lipat,” ucap Kate.

Meski demikian, belum diketahui pasti manakah yang lebih “tahan banting” antara Samsung Galaxy Fold dan Huawei Mate X. Sebab, baik Samsung atau Huawei masih membatasi akses terhadap perangkat premiumnya tersebut sampai benar-benar dirilis secara resmi nanti.

Sekadar informasi, Samsung memastikan akan menjual Galaxy Fold pada 26 April mendatang dengan harga USD 1.980 atau Rp 27,7 jutaan. Sementara Huawei bakal merilis Mate X pada pertengahan tahun 2019 ini di harga USD 2600 atau Rp 36,4 jutaan. (FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0