Samsung Galaxy Fold vs Huawei Mate X: “El Clásico” Smartphone Lipat

Telset.id, Jakarta – Dua smartphone lipat yang ditunggu kehadirannya akhirnya muncul di tahun ini. Samsung Galaxy Fold yang diperkenalkan di “Galaxy Unpacked 2019”, dan Huawei Mate X yang melanggang manis di acara Mobile World Congress (MWC) 2019.

Keduanya sama-sama disematkan sejumlah teknologi terbaru, termasuk dengan memadukan konsep desain tablet dan smartphone menjadi satu kesatuan.

Nah, tentu menarik untuk membandingkan kedua smartphone itu. Oleh karenanya, dalam tulisan kali ini tim Telset.id, akan mencoba melakukan compare dua smartphone lipat, Samsung Galaxy Fold vs Huawei Mate X.

{Baca juga: Huawei Mate X, Ponsel Layar Lipat 5G Pesaing Galaxy Fold}

Kami akan membandingkan soal desain (termasuk ukuran layar), spesifikasi, dan juga harganya. Yuk simak!

Desain

Meski sama-sama mengadopsi teknologi layar fleksibel yang bisa dilipat, keduanya sebenarnya mengusung desain yang berbeda bak langit dan bumi. Samsung mendesain Galaxy Fold agar dapat dilipat ke dalam, sehingga ketika dilipat, layar sekunder atau layar luarnya yang berukuran 4,6 inci yang akan aktif.

Sementara Huawei Mate X, didesain agar layarnya dapat dilipat ke luar. Ketika dilipat, layar bagian depan berukuran 6,6 inci dan aspek rasio 19,5 : 9 akan aktif, sementara layar yang berada di bagian belakang dengan ukuran 6,38 inci dan aspek rasio 25 : 9 akan mati.

Menurut phoneArena, dilansir Telset.id pada Senin (25/02/2019), penggunaan desain Mate X bisa dibilang lebih baik daripada Galaxy Fold. Sebab, smartphone jadi terlihat lebih ramping dan menjadikannya memiliki rasio layar terhadap body yang jauh lebih besar ketika berada di mode lipat.

{Baca juga: Menakjubkan! Ini Hasil Lima Kamera Nokia 9 PureView}

Berbicara soal layarnya, Huawei Mate X juga lebih unggul. Smartphone ini mengusung layar berjenis AMOLED berukuran 8 inci dengan resolusi 2480 x 2200 piksel, dan tanpa notch atau poni.

Sementara Samsung Galaxy Fold, hanya mengandalkan layar berukuran 7,3 inci berjenis AMOLED dengan resolusi 1536 x 2152 piksel, dan memiliki notch atau poni di sudut layarnya.

Meski demikian, penggunaan notch sebagai tempat bagi frame kamera ketika berada di mode tablet pada Galaxy Fold bisa menjadi nilai tambah yang tidak dimiliki Mate X. Itu karena, smartphone itu bisa memungkinkan pengguna melakukan video call dalam mode layar penuh.

{Baca juga: Harga Samsung Galaxy Fold Nyaris Rp 30 Juta!}

Sementara Mate X, hanya dapat digunakan untuk video call atau aktivitas lainnya ketika smartphone dilipat. Semuanya memang tergantung Anda, apakah ingin tampilan bersih tanpa notch atau tampilan yang “sedikit terganggu” dengan hadirnya notch pada mode tablet.

Spesifikasi

Samsung Galaxy Fold ditopang oleh prosesor berbasis 7nm, yang diprediksi merupakan Snapdragon 855, RAM 12 GB, ROM 512 GB, dan baterai berkapasitas 4,380 mAh. Sementara Huawei Mate X ditenagai oleh prosesor Kirin 980 yang juga berbasis 7nm, RAM 8 GB, ROM 512 GB, dan baterai berkapasitas 4,500 mAh.

Di sini terlihat, bahwa Huawei Mate X dilengkapi dengan baterai yang lebih besar. Tapi sayang, dengan penggunaan layar yang lebih besar juga, tampaknya baterai berkapasitas 4,500 mAh menjadi “terlihat tidak memuaskan”.

Sementara Galaxy Fold, memiliki RAM yang lebih besar, yang tentunya berdampak pada pengalaman penggunaan yang jauh lebih smooth. Tapi secara keseluruhan, kedua perangkat tampaknya memang memiliki baterai yang “kurang maksimal” jika melihat dari ukuran layarnya dan banyaknya fitur yang disematkan di dalamnya.

Harga

Samsung Galaxy Fold dilepas dengan harga USD 1880 atau setara dengan Rp 26,3 jutaan. Mahal? Pastinya. Tapi jika melihat harga Huawei Mate X yang mencapai hampir USD 2600 atau Rp 36,4 jutaan, tampaknya harga Galaxy Fold “terlihat begitu murah”.

Memang semuanya tergantung dari Anda sendiri, apakah ingin membeli Galaxy Fold dengan harga yang lebih murah, atau Huawei Mate X yang jauh lebih mahal namun memiliki beberapa keunggulan. Tapi perlu diingat, ketika Anda mulai memutuskan, Anda harus melihat beberapa hal terlebih dahulu sebelum membeli salah satu diantara keduanya.

{Baca juga: Samsung Galaxy S10 vs iPhone XS: Adu Kuat Flagship “Zaman Now”}

Pertama, kebutuhan. Apakah perangkat yang Anda pilih benar-benar sesuai dengan kebutuhan sehari-hari atau tidak. Kedua, daya tahan engsel ketika terus-menerus dilipat dan dibuka. Dan terakhir, apakah smartphone lipat tersebut bisa menggantikan fungsi dari smartphone yang Anda gunakan sebelumnya atau tidak.

Menutup perbandingan ini, berikut kami lampirkan tabel spesifikasi dari Samsung Galaxy Fold dan Huawei Mate X:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest News

Update iOS 13 Bikin Baterai iPhone Cepat Rusak?

Telset.id, Jakarta - Update iOS 13 kabarnya bikin baterai iPhone cepat rusak. Para pengguna perangkat Apple mengeluh melalui situs...

Bidik Anak Millenial, Adira Insurance Fokus Transformasi Digital

Telset.id, Jakarta – Sejak 2014, PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) telah fokus pada transformasi digital. Hasilnya kini sudah...

7 Tips Melindungi Data Pribadi di Smartphone dan Laptop

Telset.id-Data pribadi menjadi sesuatu yang berharga di era digital sekarang. Maka Anda harus melindungi data pribadi di smartphone atau...

Catat! Ini Tanggal Peluncuran Samsung Galaxy Note 20

Telset.id, Jakarta - Tanggal peluncuran Samsung Galaxy Note 20 Series akhirnya diumumkan. Melalui video teaser, Samsung menyatakan bahwa acara Galaxy...

Cara Mudah Aktifkan Dark Mode di WhatsApp Web

Telset.id - Sudah sejak lama WhatsApp menghadirkan fitur dark mode di aplikasinya. Nah, kabar baiknya, fitur dark mode juga...
- Advertisement -