Oppo A9 2020, Smartphone RAM 8GB Berharga Rp 3 Jutaan

Oppo A9 2020
Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

Telset.id, Jakarta – Pada 17 September lalu, Oppo meluncurkan smartphone RAM 8GB yang terbilang terjangkau. Bernama Oppo A9 2020smartphone itu dibanderol dengan harga hanya Rp 3,9 jutaan.

RAM 8GB tersebut dikombinasikan dengan memori penyimpanan 128GB dan prosesor Snapdragon 665 yang juga bertenaga.

Sekadar informasi, RAM yang besar di smartphone Android pasti akan berpengaruh pada kinerja smartphone secara keseluruhan.

{Baca juga: Harga Rp 3,9 Jutaan, Oppo A9 2020 Punya 5 Keunggulan}

Pasalnya, seperti dikutip dari PCMag, Senin (30/09/2019), RAM merupakan tempat penyimpanan sistem, aplikasi atau informasi ketika tidak digunakan, tapi mungkin akan dijalankan kembali ke depannya.

Contohnya, anggap saja Anda ingin memindahkan sesuatu dari laci ke meja. Tapi, Anda tidak bisa menaruh semuanya dari laci ke meja Anda, jadi Anda butuh tempat sementara untuk menyimpan barang yang tidak digunakan. Nah, tempat sementara itulah yang dinamakan RAM.

Contoh lainnya adalah, ketika pengguna sedang bermain game, dan mendapatkan notifikasi dari WhatsApp ataupun Line, lalu kemudian membuka notifikasi tersebut. Setelah selesai membalas chatting atau keperluan lain, Anda pun akan kembali ke game yang tadi dimainkan.

{Baca juga: Oppo A9 2020 Hands-on: Rp3,99 Juta Punya 5 Kamera}

Apabila kapasitas RAM masih mencukupi, maka ketika membuka kembali game, akan muncul posisi terakhir ketika Anda menutupnya. Sebaliknya, apabila RAM tidak mencukupi, game biasanya akan dimuat kembali dari awal.

Opo A9 2020
Hasil AnTuTu Benchmark Oppo A9 2020

RAM yang besar, memori internal yang lega, SoC atau prosesor bertenaga, ditambah baterai berkapasitas 5,000 mAh, membuat Oppo A9 2020 terbilang sebagai smartphone menengah dengan kinerja yang tinggi untuk bisa mendukung berbagai aktivitas digital para penggunanya.

Sebut saja seperti menjalankan lebih dari satu aplikasi, sampai bermain game berkualitas grafis tinggi seperti PUBG Mobile, PES 2019, Mobile Legends, dan lainnya.

{Baca juga: Apa Kata Gamer Soal Smartphone Terbaru Oppo, A9 2020?}

Untuk spesifikasi lengkapnya, Oppo menyematkan layar berukuran 6,5 inci untuk A9 2020 dengan kualitas warna yang baik. Layarnya dilapisi Sunlight Screen yang mampu menjaga kualitas layar dengan baik, meski saat digunakan di bawah matahari yang terik.

Smartphone ini punya empat kamera, dengan konfigurasi lensa utama 48MP sensor Samsung ISOCELL GM1 aperture f/1.8, lensa ultra-wide angle 8MP dengan sensor Omnivision aperture f/2.2, lensa monochrome 2MP, dan lensa depth 2MP. Sementara kamera depan, 16MP dengan aperture f/2.0. (FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here