telset

Tidak Ada Upgrade, RAM iPhone 13 Sama dengan iPhone 12

Telset.id, Jakarta – Seiring meluncurnya iPhone 13 series, banyak yang tertarik untuk mengulik smartphone ini lebih jauh. Salah satunya adalah Data Miner dari Apple Xcode yang menemukan bahwa iPhone 13 menggunakan model RAM yang sama dengan iPhone 12.

Sebagaimana dilansir dari Apple Insider, Kamis (16/9/2021), iPhone 13 dan iPhone 13 Mini memiliki RAM berkapasitas 4 GB. Sementara untuk iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max mengusung RAM 6 GB.

Jika Anda jeli, kapasitas RAM tersebut sama dengan yang dibenamkan oleh Apple di model iPhone 12 yang meluncur tahun lalu.

Baca Juga: iPhone 13 Dirilis, Harga iPhone 12 dan iPhone 11 Lebih Murah

MacRumors menemukan string kode dalam Xcode 13 beta yang menunjukkan kapasitas RAM iPhone 13. Spesifikasi ini tidak pernah diungkapkan oleh Apple, tetapi simulator perangkat di Xcode berhasil menemukannya.

String kode yang sama ini juga mengungkapkan RAM untuk iPhone 12 dan model sebelumnya, sehingga datanya kemungkinan akurat. Apple tidak pernah menargetkan RAM tinggi di iPhone karena efisiensi prosesor A-series.

Prosesor A15 masih sedikit menjadi misteri dalam hal daya komputasi. Daripada membandingkan A15 dengan A14 selama acara iPhone, Apple mengatakan A15 memiliki kekuatan 50% lebih tinggi dari pesaing.

Spesifikasi iPhone 13

RAM iPhone 13

iPhone 13 memilki bentang layar 6,1 inch dengan resolusi 2532 x 1170 pixel. Smartphone ini menggunakan layar Super Retina XDR OLED yang diklaim 28 persen lebih terang dari generasi sebelumnya. Tingkat kecerahan layarnya mencapai 800 nits, sedangkan kecerahan puncak HDR adalah 1200nits.

Dapur pacunya menggunakan chipset terbaru A15 Bionic, yang diklaim 50% lebih ngebut dibanding smartphone flagship terkini yang digunakan para pesaingnya. Sedangkan GPU empat inti digadang lebih baik 30% dari pesaing.

Baca Juga: Siap Rilis 20 September, Ini Daftar Lengkap iPhone yang Kebagian iOS 15

Peningkatan juga diberikan Apple pada bagian kameranya. Terpasang dua kamera belakang, dengan konfigurasi kamera ultra wide 12 MP dan wide 12 MP.

Apple juga menambahkan fitur baru berupa sensor shift stabilization, yang berfungsi sebagai penstabil gambar. Fitur ini sebelumnya hanya disematkan di model iPhone 12 Pro Max. Kini pengguna model standar bisa merasakannya.

Baca Juga: 7 Fitur Unggulan iPhone 13: Chipset Baru Hingga Anti Air dan Debu

Sedangkan untuk kamera depan, keduanya dibekali kamera 12 MP dengan fitur night mode untuk selfie di kondisi kurang cahaya.

iPhone 13 dan 13 mini akan tersedia secara pre order pada 17 September di lebih dari 30 negara, termasuk Australia, Kanada, China, Jerman, India, Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat. Penjualan perdana diharapkan dimulai pada 24 September mendatang. (HR/HBS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0