Gizmo

Bos Qualcomm Blak-blakan Soal Kelangkaan Chip dan Snapdragon Gen 2

Helmi Reinaldi
Share

Telset.id, Jakarta – Presiden dan CEO Qualcomm, Christiano Amon, memberikan komentar terkait chip langka yang masih berlangsung, sekaligus membocorkan tentang kehadiran prosesor Snapdragon Gen 2. Apa katanya?

Dalam wawancara dengan The Verge, ia membeberkan banyak hal, mulai dari kelangkaan chip yang masih berlangsung dan prosesor generasi terbaru, Snapdragon Gen 2.

Menurutnya, saat ini pasar chip sedang melalui salah satu krisis terdalam dan paling serius. Krisis ini menjadi tantangan bagi perusahaan, sekaligus membuat banyak orang sadar betapa pentingnya prosesor dan seberapa matang industri semikonduktor dibutuhkan.

Baca Juga: Qualcomm Prediksi Krisis Prosesor Segera Berakhir

Qualcomm mengaku telah melakukan segala cara untuk mengatasi situasi yang cukup pelik dan secara signifikan meningkatkan pasokan chipsetnya.

Bos Qualcomm menjelaskan, di tahun ini krisis prosesor yang langka masih akan terjadi. Namun, situasinya akan berangsur membaik pada semester pertama di tahun ini. Masih menurut Amon, baru di tahun 2023 nanti pasokan chip yang ada akan menutupi permintaan besar dari pasaran.

Lebih lanjut, Qualcomm tidak lagi memproduksi chip sendiri. Perusahaan telah mengambil alih desain dan konstruksi chip dan mengalihdayakannya ke perusahaan lain seperti TSMC, Samsung, Global Foundries, SMIC, dan UMC.

Baca Juga: HP Android dengan Prosesor Snapdragon 8 Gen1

Pada saat yang sama, pembuat chip secara aktif berinvestasi dalam penciptaan industri semikonduktor dan teknologi baru. Di antara yang terakhir adalah 6G dan kemunculannya diharapkan pada tahun 2030.

Kemunculan Qualcomm Snapdragon Gen 2

Berbicara mengenai penamaan prosesor barunya, Amon menjelaskan bahwa kini penamaan dibuat agar lebih sederhana. Dengan ini, mengidentifikasi produk Qualcomm tidak perlu mengenali angka dari prosesor, hanya perlu mengetahui generasinya.

Baca Juga: Qualcomm dan Razer Bikin Konsol Game

Meski penamaannya berubah, namun tradisi Qualcomm dalam menghadirkan prosesor flagship tiap tahunnya tidak akan berubah. Akan tetapi, kehadiran prosesor Snapdragon Gen 2 tidak akan terjadi pada pertengahan tahun ini.

Mungkin saja Qualcomm akan merilis versi Gen 1 yang telah ditingkatkan atau di-overclock pada tahun ini dengan nama yang berbeda. Kemungkinan lainnya, chipset kelas flagship akan diperkenalkan jelang akhir tahun ini, untuk kemudian diadopsi oleh smartphone terbaru pada awal tahun mendatang. (HR)

Leave a Comment