Exynos 1280 Lebih Ngebut dari Dimensity 900, Debut di Galaxy A53 5G

Telset.id, Jakarta – Samsung akan meluncurkan Galaxy A Series terbaru dalam waktu dekat. Dari bocoran yang beredar, Samsung Galaxy A53 5G akan ditenagai oleh spesifikasi terbaru berupa prosesor Exynos 1280.

Dilansir dari Sammobile pada Rabu (16/3/2022), Samsung akan memboyong tiga HP Galaxy A Series bakal diperkenalkan, yakni Galaxy A33 5G, Galaxy A53 5G, dan Galaxy A73 5G.

Samsung Galaxy A53 5G telah muncul di Google Play Listing. Imbasnya, terlihat bahwa smartphone tersebut hadir dengan chipset baru dengan kode S5E8825 alias Samsung Exynos 1280 dan RAM 6 GB.

Baca Juga: Samsung Galaxy Xcover Pro 2 Usung Spek Tinggi

Data ini juga menunjukkan bahwa chipset Exynos 1280 memiliki dua inti CPU ARM Cortex-A78 dengan clock 2.4GHz, enam inti CPU ARM Cortex-A55 dengan clock 2GHz, dan CPU ARM Mali-G68 dengan empat core dengan clock 1.000 MHz.

Disebutkan juga bahwa chipset ini dibangun dengan menggunakan proses fabrikasi 5nm. Spesifikasi dari chipset baru Exynos ini mirip dengan MediaTek Dimensity 900 dan di atas kertas performanya mendekati Snapdragon 778G.

Bahkan, kecepatan clock GPU Exynos 1280 lebih tinggi dari Dimensity 900 (900MHz), sehingga performa gaming bisa jadi lebih baik lagi.

Baca Juga: Layar Samsung Galaxy Z Fold4 Jauh Lebih Kuat

Mengingat nama Galaxy A53 yang mengusung “embel-embel” 5G, kemungkinan besar chipset Exynos baru tersebut juga akan mendukung modem 5G. Selain itu ada juga dukungan fitur konektivitas lainnya seperti Bluetooth 5.2, WiFi 6 dan GPS.

Untuk lebih jelasnya, kita nantikan bersama saat Samsung meresmikan smartphone Galaxy A series generasi terbarunya. Kemungkinan akan lebih banyak smartphone kelas menengah dari Samsung yang akan menggunakan chipset Samsung Exynos 1280 baru ini.

Samsung Hilangkan Charger dari Galaxy A Series

Sebelumnya dikabarkan bahwa Samsung kemungkinan tidak akan menyertakan komponen tersebut di lini HP terbaru Galaxy A dan Galaxy M Series.

Sekadar informasi, keputusan Samsung untuk tidak lagi menyediakan adaptor charger di dalam kotak pembelian dimulai pada tahun 2021 saat perusahaan meluncurkan Galaxy S21 Series.

Baca Juga: Samsung akan Hilangkan Charger di Galaxy A Series

Samsung berdalih bahwa keputusan tersebut diambil dengan alasan membuat produk yang lebih ramah lingkungan. Namun Samsung tetap menjual adaptor charger secara terpisah.

Menurut informasi yang diperoleh oleh Yogesh Brar, seorang leakers India, sebagaimana dikutip dari GizChina, Kamis (8/3/2022), “tidak akan ada pengisi daya di dalam kotak untuk model seri Galaxy M dan Galaxy A yang akan datang”.

Pembeli Galaxy A baru atau Galaxy M baru juga perlu membeli adaptor charger secara terpisah, kecuali mereka sudah memiliki aksesoris tersebut sebelumnya.

Baca Juga: Review Samsung Galaxy S22 Ultra

Keputusan ini mungkin juga bertujuan untuk menekan biaya produksi smartphone. Hilangnya charger yang disertakan memang mengurangi sampah elektronik dan ukuran kotak, jika alasan ramah lingkungan yang mereka gunakan.

Model pertama yang terkena kebijakan baru ini adalah Galaxy A73, Galaxy A53, Galaxy A33, dan Galaxy A23. Smartphone tersebut diperkirakan akan diluncurkan sekitar bulan Maret 2022. (HR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0