Produksi iPhone Bakal Pindah dari China, ke Indonesia?

Telset.id, Jakarta – Produksi iPhone kabarnya bakal dipindah keluar dari China. Apple mempercepat rencana tersebut dalam beberapa minggu terakhir.

Produksi iPhone kemungkinan pindah ke negara lain di Asia. Bukan Indonesia, Apple mungkin akan mengalihkan sebagian produksi ke India dan Vietnam.

Menurut Wall Street Journal, seperti Telset kutip dari Gadgets360, Senin (5/12/2022), perusahaan juga ingin mengurangi ketergantungan kepada Foxconn.

BACA JUGA:

Gejolak yang terjadi akibat kerusuhan di pabrik Foxconn di Zhengzhou, China baru-baru ini memang mendorong Apple untuk mengalihkan perakitan sebagian besar produk.

Di Zhengzhou terdapat lebih kurang 300.000 pekerja di pabrik yang dijalankan oleh Foxconn untuk membuat berbagai iPhone dan produk lain Apple lain.

Dari total jumlah perakitan di pabrik tersebut, sekitar 85 persen di antaranya adalah jajaran iPhone Pro, menurut firma riset pasar Counterpoint Research.

Akhir November 2022, protes meletus di pabrik iPhone terbesar di dunia di China. Pihak berwenang di Foxconn berjuang untuk menahan wabah Covid-19.

Di lain sisi, pabrik itu mempertahankan produksi perangkat Apple menjelang puncak musim liburan. Namun, para pekerja memilih untuk melarikan diri.

Apple pun tidak lagi merasa nyaman lantaran begitu banyak bisnis yang terikat cuma di satu tempat, menurut analis dan orang-orang di rantai pasokan.

Apple telah memberi tahu mitra manufaktur untuk mulai melakukan lebih banyak pekerjaan di luar China, menurut orang-orang yang terlibat diskusi.

Apple kabarnya akan memindahkan sebagian perakitan iPhone ke India atau Vietnam. Belum ada informasi apakah produksi akan pindah ke Indonesia.

BACA JUGA:

Dengan memindahkan produksi iPhone keluar China, Apple berharap mampu memenuhi pesanan mengingat saat ini mendekati puncak musim liburan.

Apalagi, Apple baru saja meluncurkan seri iPhone 14 yang terdiri atas empat model, yakni iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0