Gizmo

Pertumbuhan Bisnis Xiaomi Melejit di Tahun 2020

Naufal Mamduh
Share

Telset.id, Jakarta – Xiaomi mencatatkan pertumbuhan bisnis hingga dua digit di tahun 2020. Hal ini menjadikan Xiaomi sebagai perusahaan smartphone yang memiliki pertumbuhan bisnis paling cepat berdasarkan jumlah pengiriman dan pangsa pasar ponsel pintar di tahun lalu.

Lewat keterangan resmi yang diterima Telset pada Minggu (31/1/2021), pertumbuhan bisnis Xiaomi yang melejit didasari oleh laporan pengiriman smartphone pada kuartal IV 2020 yang dirilis oleh lembaga riset IDC, Canalys, dan Counterpoint.

Canalys mencatat, dari lima besar merek smartphone dunia, Xiaomi mencatatkan pertumbuhan bisnis sebesar 19% dari tahun 2019 ke tahun 2020. Padahal merek kompetitor lainnya justru mengalami penurunan atau pertumbuhan satu digit.

{Baca juga: Xiaomi Mi 11 Ludes 500 Ribu Unit di Penjualan Perdana}

Sementara itu, IDC melaporkan bahwa Xiaomi tumbuh 17,6% pada periode yang sama. Sama halnya juga dengan Counterpoint yang menyebut bisnis Xiaomi bertumbuh mencapai 17%.

Masih dari IDC, Xiaomi juga menutup tahun 2020 dengan pengapalan 43,3 juta unit pada kuartal IV dan menguasai 11,2% pasar melalui portofolio produk yang ditawarkan secara agresif dan kolaborasi strategis.

Canalys pun memberi laporan yang senada. Menurut perusahaan, Xiaomi mencatatkan pengapalan 149,6 juta unit dan menguasai 12% pasar pada tahun 2020, atau naik 19% dibandingkan tahun 2019.

“Isyarat positif dari pasar ditunjukkan dari kesiapan industri dalam menghadapi pandemi Covid-19 dengan prediksi untuk terus tumbuh pada tahun 2021 ini,” tulis Xiaomi.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Xiaomi Terbaru}

Sedangkan Counterpoint menjelaskan bahwa meningkatnya kebutuhan smartphone selama masa pandemi untuk belajar, bekerja, dan sumber hiburan menjadi salah satu faktor pertumbuhan permintaan smartphone pada paruh kedua 2020.

Menurut laporan Counterpoint, Xiaomi memperlihatkan pertumbuhan bisnis sebesar 17% dengan pengapalan smartphone pada tahun 2020 sebanyak 145,8 juta unit dengan pangsa pasar 11%.

Penjualan Xiaomi Mi 11 Tembus 1 Juta Unit

Foto: Xiaomi Today

Sebelumnya, Xiaomi sukses melakukan penjualan untuk produk terbarunya Xiaomi Mi 11. HPdengan prosesor Qualcomm Snapdragon 888 itu berhasil menembus penjualan lebih dari satu juta unit Mi 11 hanya dalam 21 hari.

Tentu saja itu adalah hasil yang sangat mengesankan. Dikutip Telset dari Gizmochina, Selasa (25/1/2021), Xiaomi juga tengah bersiap untuk meluncurkan Mi 11 Pro di China. Menjelang peluncuran, render dan beberapa fitur utama telah bocor.

{Baca juga: Dalam 21 Hari, 1 Juta Unit Xiaomi Mi 11 Laku Terjual}

Xiaomi saat ini bersiap untuk rilis Mi 11 secara global pada 8 Februari mendatang. Ponsel pintar tersebut diprediksi mampu menyaingi seri premium Samsung Galaxy S21 karena punya fitur-fitur menarik.

Keberhasilan bisnis Xiaomi yang mengalami pertumbuhan positif merupakan langkah awal tahun yang bagus untuk perusahaan pimpinan Lei Jun tersebut. Patut ditunggu kira-kira bagaimana kiprah Xiaomi di tahun 2021 ini. (NM/MF)

Leave a Comment