MediaTek Bikin Prosesor 6nm Terbaru, Kinerja Mirip Snapdragon 865

Telset.id, Jakarta – MediaTek kabarnya sedang mengerjakan prosesor mobile terbaru dengan proses fabrikasi 6nm. Diklaim, prosesor ini punya performa yang lebih baik dari MediaTek Dimensity 1000+ dan hampir menyamai prosesor Snapdragon 865 dari Qualcomm.

MediaTek MT6893, begitu namanya, SoC ini disebut-sebut memiliki arsitektur yang mirip dengan Samsung Exynos 1080. Lantas, bagaimana dengan performanya?

Dilansir Telset dari GSMArena, Senin (23/11/2020), performa prosesor terbaru MediaTek ini melebihi chipset Dimensity 1000+ yang digunakan Redmi K30 Ultra, berdasarkan pengujian single-core di GeekBench 4.

Sementara dari pengujian di GeekBench 5, MediaTek MT6893 juga punya performa yang hampir mirip dengan Snapdragon 865 dari Qualcomm yang digunakan oleh OnePlus 8.

Hal ini pun menunjukkan bahwa prosesor 6nm dari MediaTek itu punya kinerja yang tinggi. Chipset ini mungkin juga dipersiapkan sebagai mesin utama dari sebuah smartphone flagship yang menawarkan performa kencang sebagai daya tarik utamanya.

Spesifikasi Prosesor 6nm MediaTek MT6893

Spesifikasi Prosesor MediaTek MT6893

SoC terbaru dari MediaTek ini memiliki 1-core Cortex A78 dengan clock-speed 3.0 GHz, 3-core Cortex A78 pada 2,6 GHz, dan 4-core Cortex A55 yang hemat energi dengan clock 2.0 GHz. Dipadukan juga dengan GPU Mali-G77 MC9 yang bertenaga.

{Baca juga: Oppo Reno5 Pro 5G akan Ditenagai MediaTek Dimensity 1000+}

Hingga kini, belum ada informasi resmi dari MediaTek soal prosesor terbarunya tersebut. Namun rumornya, chipset ini akan menawarkan dukungan RAM LPDDR5 dan memori penyimpanan berjenis UFS 3.0 juga.

Selain itu, mirip seri Dimensity, prosesor tersebut mungkin akan digunakan oleh ponsel high-end dengan harga terjangkau yang punya kinerja atau power hampir menyamai smartphone flagship dengan harga “selangit”.

Smartphone 5G Bakal Lebih Murah

Prosesor MediaTek Dimensity 700 Series

MediaTek memenuhi janjinya untuk mendukung para vendor smartphone untuk merilis HP 5G murah. Perusahaan chipset asal Taiwan ini membuktikannya dengan meluncurkan prosesor 5G MediaTek Dimensity 700.

Prosesor 5G ini dirancang dengan proses fabrikasi 7nm, mirip seperti MediaTek Dimensity 720 yang juga baru diperkenalkan.

Beragam fitur disematkan pada Dimensity 700, termasuk 5G Carrier Aggregation (2CC 5G-CA) dan 5G dual SIM dual standby (DSDS).

{Baca juga: Smartphone 5G Lebih Terjangkau dengan MediaTek Dimensity 700}

Kedua fitur itu memberikan pengguna akses ke kecepatan tertinggi dan layanan-layanan ekslusif 5G seperti Voice over New Radio (VoNR) dari koneksi manapun di antara dua kartu SIM.

Di sisi pemrosesan, chip 5G ini mengintegrasikan dua inti besar Arm Cortex-A76 dalam CPU delapan-inti dan beroperasi hingga 2,2GHz.

MediaTek Dimensity 700 merupakan bukti dari komitmen MediaTek dalam menghadirkan fitur-fitur konektivitas tingkat lanjut, multimedia, dan pencitraan bagi konsumen di seluruh dunia.

MediaTek berupaya menghadirkan teknologi berbasis 5G untuk semua kalangan. Namun demikian, belum diketahui smartphone apa yang nantinya akan menggunakan chipset terbaru ini di bagian dapur pacunya. (MF)

SourceGSMArena

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0