Perbedaan Oppo Reno4 dan Reno4 F, Bagus Mana?

Oppo Reno4 dan Oppo Reno4 F (Faisal- Telset.id)

Telset.id, Jakarta – Oppo Reno4 F baru saja diperkenalkan di Indonesia. Dibanderol dengan harga yang lebih murah dibandingkan seri standar, tentu ada sejumlah perbedaan antara Oppo Reno4 F dengan Reno4. Apa saja perbedaannya?

Oppo Reno4 F tiba di Indonesia dengan banderol harga Rp 4,2 jutaan. Smartphone ini dibekali spesifikasi yang lumayan bagus untuk sebuah smartphone kelas menengah.

Sementara Oppo Reno4, diboyong ke Tanah Air pada awal Agustus lalu. Oppo merancang ponsel pintar ini dengan desain yang terlihat menawan, dan pastinya sudah dilengkapi dengan spesifikasi yang andal.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Oppo Terbaru}

Di sini, Oppo Reno4 dijual dengan harga yang kurang lebih sama dengan seri Reno terdahulu saat beredar di Tanah Air, yakni sekitar Rp 4,9 jutaan.

Perbedaan Oppo Reno4 dan Reno4 F

Dalam tulisan compare kali ini, kami akan membandingkan perbedaan Oppo Reno4 dan Oppo Reno F dari beberapa sisi, mulai dari perbedaan desain dan layar, spesifikasi, kamera, dan tentu saja harganya.

Nah, untuk mengetahui perbedaan antara Oppo Reno4 F dan Reno4, berikut ini kami sajikan perbandingan antara keduanya. Yuk simak!

Perbedaan Desain dan Layar

Oppo Reno4 vs Oppo Reno4 F (Faisal- Telset.id)

Kedua smartphone tampil dengan konsep desain yang berbeda. Oppo Reno4 lebih menonjolkan desain yang futuristik dan juga modern, berkat body berlapis kaca yang dihiasi warna-warna keren dengan efek gradasi yang menawan.

Ada dua pilihan warna, salah satunya adalah Galactic Blue. Warna ini terbilang spesial, karena Oppo menggunakan teknik bernama “Reno Glow” yang memberikan tekstur matte dengan detail kilauan halus yang menyajikan nuansa lebih premium.

Galactic Blue menampilkan warna biru tua yang dikombinasikan dengan adanya monogram logo Oppo di bagian bawah. Ketika terkena paparan sinar cahaya yang pas, warna dan logo Oppo langsung keluar, dan bikin ponsel terlihat lebih premium.

Sementara Oppo Reno4 F, lebih menampilkan kesan sederhana dan elegan. Smartphone ini dilapisi dua pilihan warna, yakni Matte Black dan Metalic White.

Oppo menggunakan teknik pewarnaan Shiny Matte yang memberikan efek matte, namun mampu memancarkan efek warna yang berbeda-beda ketika terkena paparan cahaya dari berbagai sudut.

Oppo Reno4 vs Oppo Reno4 F (Faisal – Telset.id)

Ke bagian layar, Oppo Reno4 dan Reno4 F sama-sama dirancang dengan desain Dual Punch Hole alias lubang kamera di sudut kiri atas layarnya.

{Baca juga: Oppo Reno4: Ponsel Menawan dengan Spesifikasi Andal}

Reno4 punya layar berukuran 6,4 inci berjenis AMOLED dengan resolusi Full HD+. Layarnya punya rasio cinematic 20 : 9, dilapisi Gorilla Glass 5, dan telah mendukung sensor sidik jari dengan respon yang cepat.

Sama halnya, Reno4 F pun dilengkapi layar layar Super AMOLED berukuran besar, tepatnya 6,43 inci. Resolusi layarnya Full HD+ dengan aspek rasio cinematic 20 : 9.

 

Akan tetapi, layarnya belum dilapisi Gorilla Glass 5. Oppo cuma melapisinya dengan lapisan Gorilla Glass 3+ saja.

Perbedaan lain adalah bobot dan ketebalannya. Oppo Reno4 F lebih tipis 0,22mm dan lebih ringan 1 gram dibandingkan Oppo Reno4 yang berbobot 165 gram dengan ketebalan 0,77mm.

Perbedaan Spesifikasi

Oppo Reno4 F (Faisal – Telset.id)

Menurut kami, spesifikasi di balik kap mesinnya menjadi perbedaan yang paling signifikan. Dari segi RAM dan memori internalnya sama, tapi beda untuk tipe prosesor dan teknologi baterainya.

Kedua smartphone sama-sama mengusung RAM dan memori 8GB/128GB. Tapi, memori penyimpanan Reno4 hanya bisa diperluas hingga 256GB saja menggunakan microSD. Berbeda jauh dari Reno4 F yang bisa dimasukkan microSD hingga 512GB.

Oppo Reno4 sudah ditenagai oleh prosesor octa-core Snapdragon 720G (8nm) yang dipadukan dengan GPU Adreno 618. Untuk model Reno4 F, Oppo masih menggunakan MediaTek Helio P95 yang juga digunakan pada seri Oppo Reno3 Pro.

Di sektor sumber daya, smartphone ini ditopang oleh baterai 4.015 mAh dengan dukungan fast charging 30W. Kalau model lainnya memiliki kapasitas baterai 4.000 mAh dengan fast charging 18W saja.

Perbedaan Kamera

 

Oppo Reno4 (Faisal – Telset.id)

Fitur kamera masih menjadi salah satu fokus utama dari Oppo. Oleh karenanya, kedua ponsel terbaru ini tetap mengunggulkan sektor kamera sebagai salah satu daya tarik utama.

Oppo Reno4 dibekali empat kamera belakang dan satu kamera depan, yang dilengkapi juga dengan adanya AON Smart Sensor. Konfigurasinya, lensa utama dengan sensor 48MP, kamera ultrawide 8MP, lensa makro 2MP, dan lensa mono 2MP. Sedangkan kamera depan, beresolusi 32MP.

Sedangkan Reno4 F, punya dua kamera depan yang disisipkan pada dual punch-hole pada sudut kiri atas layarnya. Konfigurasinya berupa 16MP lensa utama dan kamera depth 2MP.

{Baca juga: Spesifikasi Lengkap Oppo Reno4 F yang Meluncur di Indonesia}

Sementara kamera belakang, terdiri dari kamera utama 48MP, ultrawide 8MP, makro 2MP, dan depth 2MP.

Tentu saja, kedua ponsel sudah didukung oleh teknologi berbasis AI alias artificial intelligence buatan Oppo untuk meningkatkan kemampuan kamera.

Misalnya, AI Color Portrait yang mampu membuat latar belakang foto menjadi hitam dan putih, sekaligus menjaga objek manusia dalam warna sebenarnya.

Namun demikian, fitur kamera Reno4 F tidak selengkap Reno4. Smartphone anyar ini tidak memiliki fitur 960fps Smart Slow Motion, Ultra Steady Video 3.0, sampai Smart Air Control untuk mengoperasikan aplikasi tanpa harus menyentuh layar.

Harga

 

Mengingat Oppo Reno4 merupakan varian yang lebih tinggi, maka harganya pun sedikit lebih mahal ketimbang Reno4 F.

Reno4 dijual dengan harga Rp 4,9 jutaan. Sedangkan model lainnya dibanderol dengan harga Rp 4,2 jutaan saja. Kedua smartphone sudah bisa dibeli melalui jaringan online maupun offline. (MF)

 

Previous articleJaringan AS Belum Siap Dukung Kecepatan 5G iPhone 12
Next articleXiaomi Diskon Harga Redmi Note 9 Pro, Jadi Berapa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here