Perbandingan Realme 7 Pro vs Vivo V20: Lebih Bagus Mana?

Telset.id, Jakarta – Realme 7 Pro dan Vivo V20 merupakan dua ponsel terbaru di kelas menengah yang diluncurkan dalam waktu berdekatan di Indonesia. Keduanya dijual di harga yang sama Rp 4,9 jutaan, sehingga menarik rasanya untuk melakukan perbandingan atau compare antara realme 7 Pro dan Vivo V20. 

Selain dibanderol dengan harga yang sama, baik realme 7 Pro dan Vivo V20 ditenagai oleh dapur pacu yang sama persis, yakni Snapdragon 720G yang dikombinasikan dengan RAM 8GB serta memori penyimpanan 128GB.

Begitu juga dengan kamera. Kedua smartphone kelas menengah ini sama-sama mengusung setup empat kamera belakang yang memudahkan para penggunanya untuk memotret momen di berbagai kondisi.

Nah, oleh karenanya, tim Telset saat ini akan mencoba melakukan perbandingan antara realme 7 Pro dan Vivo V20 untuk Anda para pembaca setia. 

{Baca juga: Compare Realme 7 vs Vivo V20 SE: Harga Sama, Bagus Mana?}

Dalam tulisan komparasi ini, kami akan membahas sektor desain, performa, sampai ke bagian kamera. So, ingin tahu selengkapnya? Yuk simak saja baik-baik!

Desain

Perbandingan Realme 7 Pro Vivo V20

Kedua smartphone ini mengadopsi konsep desain yang berbeda satu sama lain. Vivo V20 masih saja berkutat dengan desain mainstream dengan layar fullscreen yang punya poni atau notch sebagai rumah bagi kamera depannya.

Sementara realme 7 Pro, percaya diri dengan pakem desain terbaru berupa layar fullscreen dengan adanya punch hole alias lubang kamera di sudut kiri atas layarnya. 

Perbedaan desain bagian depan otomatis memengaruhi besaran rasio layar terhadap body masing-masing ponsel. Ponsel terbaru realme punya bentang layar lebih luas dengan rasio terhadap body mencapai 90,8% berbanding 90,12% milik Vivo V20. 

Membahas soal layar, kedua smartphone dilengkapi dengan panel layar yang sama-sama berkualitas. 

Realme 7 Pro datang dengan layar berukuran 6,4 inci berjenis Super AMOLED dan beresolusi maksimal Full HD+. Di dalam layarnya, terdapat sensor sidik jari dengan respon yang cepat.

Sementara Vivo V20, dibenamkan layar AMOLED ukuran 6,44 inci dengan resolusi Full HD+. Layarnya mampu menampilkan konten dengan kualitas yang lebih baik berkat fitur HDR10+.

Akan tetapi, panel Super AMOLED yang digunakan oleh realme 7 Pro punya kualitas yang lebih baik. Sebab, panel ini merupakan penerus dari layar AMOLED yang digunakan oleh V20. 

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Terbaru}

Panel Super AMOLED memiliki keunggulan dalam menangani sinar matahari yang lebih baik daripada layar AMOLED. Selain itu, panel ini juga membutuhkan lebih sedikit daya dibandingkan AMOLED.

Namun sayangnya, kedua smartphone belum memiliki layar dengan kemampuan refresh rate 90Hz. 

Perbandingan Realme 7 Pro Vivo V20

Kalau berbicara soal desain bagian belakang, sebenarnya tergantung selera masing-masing. Namun menurut kami, body belakang Vivo V20 lebih punya karakter dibandingkan realme 7 Pro.

Smartphone in punya warna elegan dengan efek matte yang melapisi body kacanya. Vivo V20 pun memiliki bentuk frame kamera yang lebih keren dibandingkan ponsel terbaru realme yang “hanya” mengadopsi frame kamera berbentuk persegi panjang saja. 

 

Namun kalau berbicara terkait daya tahan dan build quality, realme 7 Pro bisa sedikit berbangga. Pasalnya, smartphone tersebut sudah dilengkapi dengan tiga lapisan kedap air.

Selain itu, ponsel pintar tersebut telah lulus verifikasi tahan uji dari TÜV Rheinland, yang terdiri dari 23 pengujian utama dan 72 pengujian kecil

Perbandingan Spesifikasi

 

Perbandingan realme 7 Pro dan Vivo V20 selanjutnya masuk ke bagian spesifikasi utama. Kedua smartphone sama-sama ditenagai oleh prosesor Snapdragon 720G, RAM 8GB, serta memori penyimpanan 128GB. 

Perbedaan signifikan di antara keduanya ada di sektor baterai. Realme 7 Pro lebih unggul untuk urusan kapasitas baterai dan kecepatan charging-nya.

Bagaimana tidak, smartphone realme itu ditopang baterai 4.500 mAh dengan dukungan teknologi 65W SuperDart Charge. Berbanding jauh dengan baterai 4.000 mAh yang didukung fast charging 30W pada Vivo V20.

{Baca juga: Review Vivo V20: Performa Lumayan, Kamera Memikat}

Mengutip dari GSMArena, Kamis (15/10/2020), 65W SuperDart Charge di realme 7 Pro mampu mengisi baterai sampai penuh dalam waktu 34 menit saja.

Sedangkan untuk Vivo V20, berdasarkan review yang telah kami lakukan, fast charging 30W yang dimilikinya sanggup mengisi penuh baterai dalam durasi 1 jam. 

Nah, berikut ini tabel komparasi antara kedua smartphone:

Perbandingan Kamera Realme 7 Pro dan Vivo V20

 

Nah, bagian kamera merupakan pembahasan yang cukup menarik. Di atas kertas, spesifikasi kamera yang dimiliki realme 7 Pro dan Vivo V20 memang cukup mumpuni untuk mengabadikan gambar berkualitas di berbagai kondisi. 

Vivo V20 mengusung kamera depan 44MP. Berdasarkan review kami, kamera ini menyuguhkan detail dan komposisi warna yang berkualitas baik. 

Beralih ke kamera belakang, Vivo V20 mengusung setup tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 64 MP ISOCELL S5KGW1, kamera multi mode 8 MP dan kamera mono 2 MP.

{Baca juga: Review Realme C17: Spek Oke, Kemampuan Gaming Belum Maksimal}

Sementara realme 7 Pro punya kamera depan 32MP yang ditempatkan pada lubang kamera di sudut kiri atas layarnya. Smartphone ini punya empat kamera belakang dengan konfigurasi lensa utama 64MP dengan sensor Sony IMX682, kamera ultrawide 8MP, kamera makro 2MP, dan lensa depth 2MP.

Dari sini, bisa kelihatan kalau Vivo V20 unggul di sektor kamera depan. Smartphone tersebut menyuguhkan kamera depan dengan resolusi lebih besar ketimbang realme 7 Pro.

 

Kedua smartphone memang sama-sama memiliki lensa utama 64MP. Oleh sebab itu, keduanya pun memberikan hasil yang memuaskan. Detail dan warna dari objek bisa ditangkap dengan baik. 

Begitu juga dengan lensa lainnya. Baik keduanya memberikan banyak opsi kepada pengguna untuk mengambil gambar di berbagai momen menarik, mulai dari wide, makro, hingga bokeh.

Kesimpulan

 

Perbandingan realme 7 Pro dan Vivo V20 kami tutup dengan kesimpulan. Jujur saja, kedua smartphone bersaing dengan cukup ketat.

Akan tetapi, dalam compare kali ini, realme 7 Pro lebih unggul dibandingkan Vivo V20. Alasannya, smartphone realme tersebut dibekali fitur 65W SuperDart Charge yang menjadi teknologi fast charging paling kencang di Indonesia saat ini.

Teknologi fast charging tersebut hanya diadopsi oleh seri smartphone flagship yang harganya berkali-kali lipat darinya, seperti Oppo Find X2 Pro dan realme X50 Pro. 

Lalu, baterai smartphone ini juga lebih besar 500 mAh dibandingkan Vivo V20. Sehingga memberikan keleluasaan lebih kepada pengguna yang ingin menggunakannya sebagai daily driver.

Realme 7 Pro memang punya layar lebih baik dengan Super AMOLED. Namun, Vivo V20 sedikit lebih unggul dalam hal penyajian konten berkualitas dengan dukungan teknologi HDR10+. 

Sisanya, mulai dari prosesor, RAM, memori penyimpanan, dan kamera, kedua smartphone memiliki kemampuan yang hampir sama satu sama lain. (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here