Layaknya Anjing Sungguhan, SpotMini Bisa Bergerak Kesana-kemari

Telset.id, Jakarta – Boston Dynamics akan menjual robot anjing buatannya pada tahun depan. Namanya SpotMini. Ia layaknya anjing sungguhan yang bisa bergerak kesana-kemari, menghindari segala penghalang berkat bantuan kamera yang menggantikan fungsi mata.

SpotMini memang tak punya kepala sehingga tampak sedikit aneh jika menganggapnya benar-benar seperti anjing. Warna tubuhnya kuning dengan empat kaki besi nan lincah. Meski tak punya kepala, SpotMini tahu persis soal lingkungan sekitar, termasuk siapa majikannya.

Empat kaki dan lengan artikulasi opsional SpotMini terlihat seperti leher jerapah. Anjing ini punya daya jelajah selama sekitar 90 menit dengan sekali pengisian daya. Yang paling menarik, ia sanggup membawa barang seberat 30 pound menggunakan lengannya.

SpotMini menggunakan sistem visi 3D yang rumit untuk memetakan dan menavigasi lingkungan sekitar. Di semua anggota tubuh terdapat 17 sendi, memungkinkan ia melakukan gerakan alami. Sayang, Boston Dynamics belum merilis harga resmi robot anjing karyanya itu.

Boston Dynamics sebelumnya mengembangkan BigDog, robot yang dirancang untuk militer Amerika Serikat lewat pendanaan Defense Advance Research Projects Agency. Namun, berbeda dengan BigDog, SpotMini bisa disuruh membuka pintu dan sebagainya.

Spot Mini sebetulnya juga merupakan versi lebih kecil dari Spot, robot anjing Boston Dynamics yang dibesut untuk aktivitas marinir angkatan laut Amerika Serikat. Namun, beberapa pihak khawatir, kemampuan SpotMini membuka pintu berpotensi disalahgunakan oleh oknum.

Boston Dynamics mengabaikan komentar miring mengenai kemampuan robot besutannya tersebut. Apalagi, mereka bukan kali ini saja mendapat komentar negatif. Saat Spot diluncurkan pada November 2015, orang-orang juga berkomentar serupa meski sampai kini sinisme mereka tak terbukti. [SN/IF]

Source Link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here