Usai Dioperasi, Tentara Ini Punya Telinga Pengganti di Lengan

Telset.id, Jakarta – Rekonstruksi total telinga telah terjadi dan hasilnya luar biasa. Militer Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) melakukannya. Telinga baru tumbuh di lengan seorang tentara untuk menggantikan telinga yang hilang dalam sebuah kecelakaan.

Dalam melakukan penanaman, tim medis membuat telinga baru dari tulang rawan yang diambil dari tulang rusuk sang prajurit yang diketahui bernama Shamika Burrage. Ia adalah jurutulis di Batalyon I Resimen Baja Tim Tempur Brigade Kedua Divisi Lapis Baja 1.

Dilansir Slashgear, Burrage terlibat dalam kecelakaan pada 2016 ketika ban depan mobilnya meletus. Kendaraan tergelincir, kemudian terguling beberapa kali. Burrage mengalami cedera kepala dan tulang belakang. Tak cuma itu, telinga kirinya pun terlepas.

Burrage kemudian didorong untuk mempertimbangkan mengikuti proses rekonstruksi yang tidak biasa. Proses penanaman telingan dipimpin oleh Letnan Kolonel Owen Johnson III, kepala Bedah Plastik dan Rekonstruksi di Pusat Kesehatan Tentara William Beaumont di El Paso, Texas.

Selain membuat telinga pengganti, Johnson juga membuka kembali kanal telinga Burrage yang telah ditutup sebagai efek dari cedera. Tujuannya lebih dari sekadar pengganti estetik. Johnson mengambil kartilago autologus dari tulang rusuk dan ditanamkan ke lengan bawah.

Tindakan tersebut memungkinkan pembuluh darah baru terbentuk bersama dengan saraf baru. Dengan begitu, telinga yang dihasilkan akan memiliki pembuluh darah dan saraf segar. “Pembuluh darah dan saraf baru menjadi sumber atau motor pendengaran,” ujar Johnson.

Ia melanjutkan, proses kultivasi dan pertumbuhan jaringan di lengan Burrage memakan waktu satu tahun. Akan tetapi, ada dua operasi lagi yang harus diselesaikan oleh Johnson dan tim medis. Mereka akan menyempurnakan rekonstruksi sehingga Burrage bisa mendengarkan secara normal. [SN/IF]

Source Link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here