Pengamat: Ponsel Transparan LG Cuma Halusinasi

Telset.id, Jakarta – LG telah mengajukan paten ponsel transparan. Dan, pangajuan tersebut akhirnya dikabulkan. Merujuk kepada dokumen paten, ponsel transparan LG bisa dilipat dan berlayar tembus pandang.

Menurut laporan Slashgear yang dikutip Telset.id pada Kamis (11/4/2019), paten ponsel transparan sudah didaftarkan LG sejak akhir 2015. Bagian depan maupun belakang layarnya fleksibel dan transparan.

Namun, sejumlah pengamat berpendapat, hampir mustahil untuk membuat sebuah perangkat bisa transparan secara keseluruhan. Sebab, gadget memerlukan ruang untuk komponen seperti baterai, dan kamera.

Paten LG mencantumkan deskripsi bahwa jika tidak memungkin transparan secara keseluruhan, ponsel setidaknya punya satu sisi yang non-transparan untuk penempatan komponen-komponen.

{Baca juga: Bukan Layar Lipat, LG Siapkan Ponsel Layar “Merenggang”?}

Paten LG juga mengungkapkan bahwa ponsel transparan nantinya peka terhadap sentuhan di kedua sisi. Artinya, manakala layar benar-benar transparan, pengguna tetap bisa mengoperasikannya secara mudah.

Para pengamat berpendapat, dengan konsep (transparan) seperti itu, ponsel LG akan bisa beroperasi secara tidak sengaja. Karenanya, mereka mengatakan bahwa cita-cita LG membuat ponsel tembus pandang hanyalah sebuah halusinasi.

Sebelumnya, LG mendaftarkan hak paten teknologi yang bisa membuat layar ponsel menjadi pengeras suara (speaker) dan penguat suara (amplifier). Teknologi itu awalnya bernama Crystal Sound OLED Technology.

{Baca juga: Canggih, LG Patenkan Teknologi “Layar Ponsel Speaker”}

Namun, kemudian berubah menjadi LG Display Speaker. Teknologi LG Display Speaker berfungsi memperkuat suara melalui getaran permukaan layar. Getaran tersebut menghasilkan suara dari seluruh layar OLED.

Sumber: Slashgear

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here