Pasar Smartphone Lipat Tumbuh 309%, Samsung jadi Rajanya

Telset.id, Jakarta – Pasar smartphone lipat terus bertumbuh. Samsung menjadi brand yang mendominasi pasar HP lipat secara keseluruhan di tahun 2021, mengalahkan Huawei, Oppo, hingga Xiaomi.

Smartphone lipat akhirnya berhasil mendapat tempat di hari konsumen. Hal ini terbukti dengan pasarnya yang mengalami pertumbuhan hingga 309%.

Fakta ini berdasarkan riset dari Omdia terkait pasar smartphone lipat sepanjang tahun 2021. Di awal tahun 2021, pengiriman ponsel dengan layar fleksibel ini tidak terlalu banyak.

Namun di paruh kedua tahun 2021, volume pengiriman meningkat pesat mencapai 9 juta unit atau naik 309% year-over-year (YoY).

Kemudian jika diakumulasikan hingga kuartal keempat tahun 2021 (Q4 2021), maka pengiriman smartphone lipat tembus sampai 11,5 juta unit atau yang terbesar sejak pertama kali dirilis pada 2019 lalu.

Baca juga: Layar Samsung Galaxy Z Fold4 Jauh Lebih Kuat

Masih dari data Omdia, Samsung mendominasi pasar HP lipat berkat beberapa produk unggulannya seperti Samsung Galaxy Z Fold3 5G dan Samsung Galaxy Z Flip3 5G.

Samsung Galaxy Z Flip3 5G menempati posisi pertama dengan 4,6 juta pengiriman atau menyumbang 52% dari pasar HP lipat secara keseluruhan. HP lipat canggih ini mampu mengalahkan seri Samsung Galaxy Z Flip 5G dan Galaxy Z Flip yang ada di tempat keempat dan kesebelas.

Lalu di posisi kedua ada Samsung Galaxy Z Fold3 5G dengan pengiriman 2,5 juta unit. Galaxy Z Fold3 5G juga melampaui pencapaian pendahulunya Samsung Galaxy Z Fold2 5G yang memiliki jumlah pengiriman 0,7 juta unit.

Selain HP terbaru Samsung tadi, produk Samsung lain turut masuk daftar adalah Samsung Galaxy W21 5G dengan pengiriman 0,1 juta unit.

Menurut Analis utama Omdia, Zaker Li, merilis banyak model smartphone layar lipat adalah strategi Samsung agar bisa bersaing dengan produsen China dan juga Apple di pasar global.

Baca juga: Review Samsung Galaxy Z Fold3

“Untuk bersaing dengan kemajuan pesat OEM China dan Apple di pasar premium, Samsung memilih untuk bertaruh pada smartphone yang dapat dilipat,” kata Zaker Li.

Dilansir Telset dari Display Daily pada Selasa (22/3/2022), strategi ini berhasil karena akhirnya smartphone lipat Samsung menguasai pasar di tahun 2021 lalu.

“Keputusan yang telah mengambilnya jauh di depan para pesaingnya dalam jumlah dan penjualan smartphone lipat,” tutur Zaker.

Samsung Kalahkan Huawei dan Xiaomi 

Adapun pesaing HP lipat Samsung yang dimaksud adalah beberapa vendor China yakni Huawei, Xiaomi, dan Oppo. Huawei Mate X2 dan Mate X2 4G berada di posisi ketiga dan keenam dengan jumlah pengiriman 0,6 juta dan 0,3 juta unit.

Sedangkan Xiaomi Mi Mix Fold dan Oppo Find N bertengger di posisi ketujuh dan kedelapan dengan pengiriman 0,2 juta unit.

Baca juga: Review Samsung Galaxy Z Flip3

Pasar Smartphone Lipat Samsung
Pasar smartphone lipat di tahun 2021 (sumber foto: Omdia)

Dari data tahun 2021 lalu Omdia memprediksi kalau pasar smartphone layar lipat akan terus tumbuh. Tahun 2022 ini saja, pasar ponsel layar lipat secara global diperkirakan tumbuh signifikan dibandingkan tahun lalu sebanyak 14 juta unit.

Lalu pasar tetap tumbuh setiap tahunnya hingga menyentuh angka 61 juta unit pada tahun 2026 dan menyumbang 3,6% dari total pengiriman di pasar smartphone global. (NM/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0