Gizmo

Apple Terima Pasokan 80 Juta Panel OLED untuk iPhone 14 dari Samsung

Sigit Nugraha
Share

Telset.id, Jakarta – Panel layar OLED iPhone 14 datang sebanyak 80 juta unit dari Samsung Display. Kabar mengenai hal itu datang ditengah pemberitaan yang menyebutkan Apple mengalami kendala pasokan panel layar OLED iPhone 14.

Menurut ETNews, Samsung Display akan memasok 80 juta layar OLED iPhone 14. Produksi massal dan pengiriman layar mulai kuartal ketiga tahun ini.

Seperti dikutip Telset dari GSM Arena, Jumat (24/6/2022), informasi yang menyebut bahwa puluhan juta panel dari Samsung diperuntukkan semua model iPhone 14.

Dengan kata lain, Samsung Display akan bertugas menyediakan panel OLED untuk iPhone 14 standar, iPhone 14 Max, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max.

Dari jumlah itu, 38,17 juta panel untuk iPhone 14 standar dan iPhone 14 Pro Max. Jajaran iPhone 14 akan memakai OLED berbasis LTPS-TFT dan LTPO-TFT.

BACA JUGA:

Selain Samsung Display, Apple bakal menggunakan panel OLED iPhone 14 buatan BOE, perusahaan China. Apple sedang mengevaluasi layar buatan BOE.

Kalau Apple menganggapnya mumpuni, produksi iPhone 14 mulai jalan. Harapannya, panel OLED BOE dipakai di iPhone 14 standar dan iPhone 14 Max.

Kesepakatan antara Apple dan BOE berlangsung pada awal tahun ini. Namun, pada Mei 2022, Apple berpikir ulang soal kesepakatan produksi dengan BOE.

Sebab, BOE telah mengubah desain sirkuit layar. Akibatnya, Apple memutuskan untuk menghentikan pesanan. Belakangan, mereka mulai kesepakatan baru.

Apple sedang mengevaluasi kembali sampel  layar OLED buatan BOE sebelum pemesanan skala besar. BOE akan mulai produksi antara Juli-Agustus 2022.

Laporan mengungkap bahwa layar OLED buatan BOE diperuntukkan iPhone 14 dan iPhone 14 Max. Lain hal, iPhone 14 Pro akan memakai layar Samsung dan LG.

Apple belum mengonfirmasi soal kabar ini. Namun, rumor memang santer menyebut bahwa Apple akan menggunakan panel dari tiga perusahaan itu untuk iPhone 14.

BACA JUGA:

Menurut analis Ross Young, pengiriman layar iPhone 14 Max dan iPhone 14 Pro Max baru pada Juli 2022 nanti. Berbeda, layar iPhone 14 dikirim pada Juni 2022.

Informasi lain mengatakan, ketersediaan layar OLED tidak akan memengaruhi produksi jajaran iPhone 14. Ketersediaan iPhone 14 juga tetap sesuai rencana. [SN/HBS]

 

Leave a Comment