Orang Indonesia Senang Beli Smartphone Preloved

Telset.id, Jakarta – Hampir semua merek smartphone mengeluarkan produk baru setiap tahunnya. Hal ini menyebabkan kebanyakan orang Indonesia ingin terus berusaha mengikuti tren terbaru. Namun bagaimana dengan ponsel lama mereka?

Setelah beberapa waktu, ponsel lama akhirnya menumpuk di rumah karena hadirnya smartphone terbaru. Untungnya, pasar e-commerce yang kian meningkat saat ini memudahkan orang Indonesia untuk menemukan dan menjual smartphone preloved dengan harga yang terjangkau.

Survei terbaru dari mobile classifieds marketplace, Carousell menemukan bahwa 52% orang Indonesia berpikir bahwa mereka dapat menghasilkan hingga Rp3 juta dengan menjual gadget yang sudah tidak terpakai dan bahkan 36% dari mereka berpikir dapat menghasilkan hingga Rp 10 juta. Hal ini tentunya bisa membantu mereka untuk membeli smartphone keluaran terbaru.

“Data internal kami menunjukkan bahwa smartphone yang dirilis dalam satu tahun terakhir dapat mempertahankan rata-rata hingga 70% dari harga asli mereka saat dijual di Carousell,” jelas Olivia Lautner, Associate Country Manager, Carousell Indonesia.

Ia mengungkapkan, pengguna Carousell bisa menghemat hingga 50% untuk iPhone X baru dengan uang yang mereka hasilkan. Melihat fakta ini, dia berharap Carousell bisa menjadi tempat yang tepat untuk gadget berkualitas namun terjangkau.

Salah seorang pengguna Carousell yang bekerja sebagai broadcaster, Greggy Giorgio, mengungkapkan bahwa Carousell memudahkannya dalam menjual kamera preloved. 

“Saya sukses menjual berbagai kamera preloved, seperti DLSR Olympus 1000D, Olympus E450, dan Lensa HD Zoom 360 di Carousell dengan respon yang sangat banyak,” ujar Greggy.

Carousell sendiri sudah melakukan survei dengan 1.000 orang Indonesia berusia 20-40 tahun, yang menunjukkan bahwa kategori elektronik dan gadget memiliki nilai tertinggi di pasar preloved. Bahkan 7 dari 10 orang Indonesia mempertimbangkan untuk membeli smartphone preloved daripada yang baru.

Sebelum membuat keputusan akhir, 89% mempertimbangkan kondisi gadget preloved, diikuti dengan pentingnya mendapat satu set yang masih lengkap dan garansi yang masih berlaku.

Survei Carousell juga menunjukkan bahwa 74% orang Indonesia rela menghabiskan lebih dari Rp5 juta untuk gadget dalam setahun. Barang elektronik dan gadget preloved adalah salah satu dari tiga kategori teratas di Carousell Indonesia.

Generasi millennial menjadi yang tercepat untuk memanfaatkan kemudahan dalam membeli dan menjual smartphone preloved, dengan jumlah sekitar 390.000 listing pada kategori elektronik dan gadget. (MS/HBS)

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0