telset

Oppo A16 Tahan Percikan Air, Aman Diajak Basah-basahan

Telset.id, Jakarta – Oppo membuat HP entry-level tidak asal-asalan hanya agar harga resminya menjadi murah. Perusahaan asal China ini tetap memperhatikan build quality dari jajaran HP murah terbaru mereka. Salah satunya adalah Oppo A16 yang sudah memiliki sertifikasi rating IPX4 tahan percikan air.

Oppo A16 merupakan smartphone segmen entry yang dipersiapkan sebagai perangkat untuk menunjang aktivitas pengguna yang aktif, mulai dari hiburan, bekerja, bahkan sampai bisnis online sekalipun.

Maka tak heran, Oppo merancang HP terbaru ini dengan desain yang keren, bodi dengan build quality yang bagus, serta spesifikasi andal untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari penggunanya.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan HP harga Rp 2 jutaan ini adalah proteksi terhadap percikan air dengan rating IPX4.

Baca juga: Oppo A16 Jadi Partner Terbaik untuk Bisnis Online

Apa Itu Rating IPX4?

Sertifikasi IPX4

IP sebenarnya adalah singkatan dari Ingress Protection, dengan kata lain IP Rating adalah ketahanan atau perlindungan terhadap sesuatu dari luar. Standar ini ditetapkan oleh IEC (International Electrotechnical Commission), yang sudah membaginya dalam beberapa kategori proteksi terhadap objek padat dan air.

Standar sertifikasi yang telah ditentukan IEC adalah huruf IP yang diikuti oleh dua angka dengan tambahan huruf yang bersifat opsional. Digit pertama pada rating ini menjelaskan terhadap benda padat, mulai dari objek cukup besar sampai partikel terkecil seperti debu.

Sementara digit kedua, menjurus terhadap proteksi terhadap air. Nah, untuk perangkat yang tidak memiliki informasi mengenai proteksinya, maka diberikan huruf X. Sementara untuk produk yang sama sekali tidak memiliki perlindungan terhadap air atau debu, diberikan tanda 0 pada rating-nya.

Baca juga: Ragam Keunggulan dari Oppo A54

Lalu, apa itu IPX4? Dari berbagai informasi yang kami temukan, sertifikasi rating IPX4 secara teori dapat melindungi perangkat dari cipratan air hingga kemiringan maksimal 60° dari posisi vertikal.

Itu artinya, Oppo A16 yang memiliki rating IPX4 sudah tahan percikan air normal dan aman saat dipakai ketika hujan terjadi. Jangan khawatir, karena Oppo menambahkan lapisan penahan air yang memberikan ketahanan yang cukup untuk penggunaan sehari- hari.

Untuk membuktikan daya tahannya, Oppo bahkan melakukan rain of pipe-swing test selama 10 menit dan perangkat tidak mengalami kegagalan fungsi setelah 72 jam.

Tes Tahan Percikan Air Oppo A16

Oppo A16 tahan air IPX4

Bukan cuma secara teori saja, kami pun turut mencoba membasahi Oppo A16 dengan menyemprotkan air ke bodi ponsel selama beberapa detik. Alhasil, HP terbaru Oppo ini masih berfungsi secara normal.

Tak cukup, kami juga mencoba mengguyur Oppo A16 dengan volume air yang cukup besar dari berbagai sudut. Sama halnya, tak terjadi masalah apapun pada smartphone.

Akan tetapi, jangan pernah membawa smartphone ini berendam apalagi berenang dalam waktu yang lama. Sudah pasti, akan terjadi masalah ke depannya karena Oppo A16 hanyalah memiliki sertifikasi rating IPX4 tahan percikan air saja.

Baca Juga: Review Oppo A16 Indonesia

Oppo A16 tahan air IPX4

Bukan cuma punya build quality yang bagus, Oppo A16 juga dibangun dengan bodi yang ringkas dengan bobot yang tergolong ringan. Tebal bodinya hanya 8,4 mm dengan berat sekitar 190 gram saja.

Smartphone ini pun dijamin akan sangat nyaman dibawa sepanjang hari. Tak cuma pengguna kasual saja atau para pelaku usaha online, pengendara ojek online atau ojol juga tak perlu ragu menggunakannya di jalanan berkat daya tahan bdoinya yang terbilang baik. (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0