Gizmo

Cara Nonton YouTube di Apple Watch dengan Aplikasi WatchTube

Sigit Nugraha
Share

Telset.id, Jakarta – Banyak pengguna Apple Watch yang sejak lama berharap bisa menonton YouTube secara langsung di jam pintar tersebut. Keinginan itu akhirnya bisa terwujud berkat aplikasi bernama WatchTube.

Melalui WatchTube, pengguna Apple Watch sekarang bisa mengakses secara langsung jutaan video di platform YouTube hanya dari pergelangan tangan.

Ada beberapa alasan kenapa layanan streaming seperti Netflix, Disney+, Apple TV+, YouTube belum merilis aplikasi untuk perangkat seperti Apple Watch.

Layarnya kecil, speaker-nya nyaring, dan menonton video di pergelangan tangan Anda adalah cara mudah untuk menghabiskan baterai dalam hitungan jam.

Beberapa pengguna Apple Watch telah berhasil mengakses konten YouTube dengan menautkan melalui aplikasi Message. Namun, tidak semuanya bisa.

Hugo Mason, pencipta aplikasi WatchTube, untung tidak mendapatkan memo bahwa jam tangan pintar tidak boleh untuk mengonsumsi konten video.

Sesuai namanya, aplikasi Watchtube memberikan akses penuh ke YouTube via Apple Watch dengan suara melalui speaker maupun headphone Bluetooth.

Menurut Mason, dilansir Gizmodo, Watchtube awalnya diluncurkan dengan daftar video yang saat ini sedang tren di YouTube sebagai umpan default.

Namun, seiring waktu berjalan, saat pengguna berinteraksi dengan video, umpan itu akan menjadi lebih dipersonalisasi melalui algoritma aplikasi sendiri.

BACA JUGA:

Cara Menonton YouTube di Apple Watch

Untuk bisa menonton video YouTube di Apple Watch menggunakan aplikasi WatchTube sangat mudah. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut dari WatchOS di App Store. Setelah aplikasi WatchTube terinstall di Apple Watch, Anda bisa langsung membuka dan menonton video YouTube.

Aplikasi ini memiliki tampilan user interface (UI) yang sederhana, tidak serumit jika Anda membuka aplikasi YouTube di iOS atau macOS. Anda akan disuguhkan empat kanal berbeda di aplikasi, yakni Home, Library, Search, dan Settings.

Sama seperti aplikasi YouTube resmi, kanal Home akan menampilkan video yang sedang tren dan dipersonalisasi untuk pengguna. Jika Anda mengizinkan, aplikasi ini memiliki kemampuan untuk memilih kategori video tertentu untuk bisa ditampilkan di Home.

Untuk fitur pencarian, Anda dapat menggunakan fitur dictation and scribble untuk mencari video yang disukai. Sama seperti YouTube, hasil pencarian WatchTube akan menyoroti hasil teratas untuk video dan channel.

Anda juga bisa menyimpan video dan menekan tombol subscribe ke channel favorit. Sayangnya, WatchTube Library hanya bersifat lokal, yang artinya Anda tidak bisa menautkannya ke akun YouTube Anda.

Dan buat Anda yang ingin membagikan video ke perangkat lain, WathTube menyediakan QR Code yang memungkinkan pengguna untuk berbagi dan mengakses video tertentu di iPad, iPhone, dan lainnya.

Menariknya, applikasi WatchTube juga sudah mendukung teks video (cc subtitle) untuk memudahkan Anda menerjemahkan tesk video berbahasa asing. Anda dapat mengubah ukuran teks subtitle sesuai dengan keinginan.

BACA JUGA:

Bagi Anda yang tidak memiliki AirPods atau headset bluetooth, Anda bisa memanfaatkan audio Apple Watch untuk mendengar video YouTube.

Pengembang WatchTube menjelaskan bawah nanti mereka akan menambahkan mode “Audio Only”, yang memungkinkan pengguna untuk mendengarkan lagu di YouTube tanpa harus mengaktifkan layar Apple Watch.

Harap diketahui juga, aplikasi WatchTube saat ini dapat diunduh gratis di App Store untuk perangkat Apple Watch yang menjalankan watchOS 6 atau yang lebih baru. Selamat mencoba! [SN/HBS]

 

Leave a Comment