Mengintip 7 Smartphone Oppo dengan RAM 8GB, Mau?

Telset.id, Jakarta – Dengan begitu banyaknya smartphone yang memiliki RAM 8GB, atau bahkan lebih, sebagian dari kita mungkin bertanya-tanya, apa iya ini benar-benar dibutuhkan? Memangnya berapa sih besaran RAM yang paling ideal untuk sebuah smartphone?

Berapa pun itu, sebenarnya belum pernah benar-benar ada kata sepakat mengenai jumlah RAM ideal yang perlu dimiliki sebuah smartphone. Meski begitu, tak dimungkiri bahwa RAM yang besar memiliki andil pada semakin baiknya performa smartphone.

RAM atau Random Access Memory atau memori akses acak sendiri merupakan sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. RAM biasa digunakan untuk penyimpanan primer atau sebagai memori utama dalam komputer. Meskipun digunakan sebagai penyimpanan primer, akan tetapi ada beberapa jenis RAM yang digunakan sebagai penyimpanan sekunder jangka panjang.

{Baca juga: Jadi teman Berlibur, Begini Cara Perkuat Sinyal di Oppo Reno2}

Sebagai contoh, anggap saja Anda ingin memindahkan sesuatu dari laci ke meja. Tapi, Anda tidak bisa menaruh semuanya dari laci ke meja Anda, jadi Anda butuh tempat sementara untuk menyimpan barang yang tidak digunakan. Nah, tempat sementara itulah yang dinamakan RAM. Dan semakin besar RAM yang tersedia, maka semakin mulus pula kinerja sebuah smartphone. Paling tidak, potensi smartphone akan freeze atau hang kian menipis.

Bagi pengguna, ini tentu saja kabar baik, karena artinya smartphone akan menjadi lebih baik. Meski perlu digarisbawahi, bahwa RAM besar tidak menjadi satu-satunya penentu “kehebatan” sebuah smartphone. Tapi ya, ikut andil.

Nah, tidak mengherankan jika para pembuat smartphone kemudian berlomba-lomba untuk mendatangkan perangkat dengan RAM besar. Oppo salah satunya. Tidak tanggung-tanggung, pabrikan asal China ini bahkan membekali hampir semua jajaran smartphone barunya, khususnya yang dirilis setahun terakhir ini dengan RAM besar, 8GB.

Nah, diantara sekian banyak smartphone yang dimaksud, berikut 7 diantaranya:

Oppo Reno3

Mengusung layar OLED berukuran 6,5 inci, Oppo Reno3 yang baru diluncurkan belum lama ini ditenagai prosesor octa-core MediaTek 1000L yang mendukung teknologi 5G sub-6GHz. Teknologi ini diklaim mampu memberikan kecepatan hngga 4,7 Gbps.

Di sisi baterai, Reno3 melenggang dengan kapasitas 4,025 mAh yang didukung VOOC Flash Charge 4.0. RAM yang dibawanya, tentu saja 8GB. Disamping ada juga pilihan 12GB, yang dikombinasikan dengan storage 128GB. Semua spesifikasi itu berjalan di atas ColorOS 7.

Oppo Reno2

Resmi masuk Indonesia pada awal Oktober lalu, Oppo Reno2 datang dengan dapur pacu berupa prosesor Snapdragon 730G (8nm), yang dikombinasikan dengan RAM 8GB, memori internal 256GB UFS 2.1, dan baterai berkapasitas 4,000 mAh dengan dukungan VOOC 3.0.

Di sisi kamera, yang juga menjadi keunggulannya, Oppo Reno2 membekali diri dengan resolusi 48 megapiksel (MP), dengan total kamera berjumlah 4 buah. 48 MP Ultra-Clear dengan aperture F/ 1.7 dan sensor Sony IMX586 untuk kamera utama; 8 MP Wide Angle, lensa telephoto 13 MP dengan aperture F/2.4 dan lensa potrait 2 MP. Di bagian depan ada kamera dengan resolusi 16 megapiksel dengan Shark Fin Pop Camera.

Oppo Reno2 F

Bersamaan dengan diperkenalkannya Reno2, Oppo juga membawa serta Reno2 F, yang merupakan versi ‘minimalis’ dari smartphone tersebut. Meski sama-sama datang dengan RAM 8GB, namun Reno2 F menggunakan chipset Mediatek Helio P70.

Perbedaan lainnya dari kedua smartphone adalah, Reno2 F – meski sama-sama memiliki empat lensa kamera utama, tidak memiliki lensa telefoto seperti ‘kakaknya’. Bentuk dari kamera motorized pop-up pun tak seperti sirip hiu, namun kotak layaknya kamera selfie Oppo K3.

Oppo A9 2020

Meski membawa embel-embel 2020 di badannya, nyatanya smartphone midrange Oppo yang satu ini telah meluncur jauh sebelum tahun 2019 berakhir. Bernama Oppo A9 2020, smartphone yang dibanderol dengan harga Rp 3,9 jutaan ini juga membawa RAM 8GB, yang dikombinasikan dengan memori penyimpanan 128GB dan prosesor Snapdragon 665.

Untuk membuatnya semakin layak dipanggil smartphone menengah dengan kinerja yang tinggi, Oppo juga melengkapinya A9 2020 dengan baterai berkapasitas 5,000 mAh.

Oppo K3

Smartphone yang menyasar anak muda nan kreatif sebagai pangsa pasarnya ini diperkenalkan Oppo sekitar Agustus lalu. Secara spesifikasi, Oppo K3 hadir dengan OLED Panoramic Full Screen 6,5 inci beresolusi 2340 x 1080, serta rasio 91,1% dengan sistem pemindai sidik jari bawah layar.

Di bagian dapur pacu, Oppo mempercayakan chipset Qualcomm Snapdragon 710 octa-core, yang dikombinasikan dengan RAM hingga 8GB dan storage internal hingga 256 GB. Oppo juga telah menyematkan fitur GameBoost 2.0 pada perangkat ini yang dapat meningkatkan performa GPU untuk membuat game yang dimainkan berjalan dengan mulus.

Oppo Reno

Oppo Reno menjadi versi standar di jajaran Reno Series yang diperkenalkan Oppo tahun ini. Meski demikian, smartphone ini mengusung spesifikasi mumpuni, seperti layar panoramic berukuran 6,4 inci berjenis OLED dengan resolusi Full HD+, prosesor octa-core 2.2 GHz Snapdragon 710, baterai berkapasitas 3,765 mAh dengan VOOC 3.0 serta, tentu saja RAM 6GB/8GB, yang disandingkan dengan ROM 256GB.

{Baca juga: Mengintip 6 Fitur Unggulan di ColorOS Terbaru Oppo}

Smartphone ini punya kamera ganda di bagian belakang. Konfigurasinya masing-masing 48MP sensor Sony IMX586 aperture f/1.7, dan lensa depth 5MP aperture f/2.4. Sedangkan kamera depannya, beresolusi 16MP aperture f/2.0.

Oppo Reno 10x Zoom

Sebagai versi yang lebih ditingkatkan dari Reno series, Reno 10x Zoom unggul tak hanya berkat kekuatan kamera – dimana ia memiliki konfigurasi 48MP lensa utama aperture f/1.7, lensa telephoto 13MP dengan 10x hybrid-zoom dan 60x digital-zoom, serta lensa wide-angle 8MP, smartphone ini juga membekali diri dengan prosesor tertinggi Qualcomm, Snapdragon 855.

Untuk mendukung itu, RAM 8GB dan ROM 256GB yang bisa diperbesar hingga 256GB unjuk gigi, bersama baterai berkapasitas 4,065 mAh dengan VOOC 3.0. Lebihnya juga lebih besar dibanding versi standar, yakni 6,6 inci panoramic berjenis OLED dan beresolusi Full HD+.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here