Gizmo

MediaTek Segera Bawa Teknologi Ray Tracing ke Smartphone

Helmi Reinaldi
Share

Telset.id, Jakarta – MediaTek menjalin kerjasama dengan perusahaan teknologi ARM dan Tencent. Ketiganya meluncurkan sebuah Software Development Kit (SDK) yang berguna untuk menghadirkan teknologi ray tracing ke smartphone.

Sejak kehadirannya, teknologi tay tracing menjadi bagian penting dari grafis game. Teknologi ini dapat mensimulasikan perilaku alami dari cahaya yang nantinya akan diterapkan dalam game.

Dilansir dari GizChina, Sabtu (16/10/2021) teknologi ini memungkinkan Anda untuk melihat gambar dalam game yang mendekati realistis.

Baca Juga: MediaTek Siapkan Dimensity 2000

Teknologi ray tracing hadir di industri game melalui kartu grafis seri NVIDIA RTX, yang diperkenalkan pada Agustus 2018. AMD dan Samsung jadi perusahaan lain yang ingin membawa teknologi ray tracing untuk menjangkau smartphone.

Teknologi Ray Tracing di Smartphone

Perbedaan Grafis Dengan dan Tanpa Ray Tracing

Dengan hadirnya SDK ini, developer dapat mempelajari lebih lanjut tentang ray tracing dan menggunakan teknologi untuk meningkatkan pengalaman bermain game yang imersif di smartphone.

SDK dari MediaTek menggunakan pipeline rendering Tencent dan ekstensi Vulkan. Perusahaan pembuat chip mengatakan kemitraan dengan ARM dan Tencent Games akan membawa teknologi grafis mutakhir ke seri platform seluler Dimensity.

“GPU Mali masa depan akan secara signifikan meningkatkan kinerja teknologi ray tracing pada perangkat seluler melalui akselerasi perangkat keras,” ujar Geraint North, Senior Director of Ecosystem and Engineering of Arm.

Baca Juga: MediaTek Dimensity 900 Chipset 5G 6nm

“Kolaborasi Arm dengan MediaTek dan Tencent Games di bidang ini akan memudahkan pengembang untuk mengeksplorasi manfaat ray tracing ke game seluler, memastikan bahwa konten dengan teknologi ini dapat di-porting ke perangkat lintas platform di berbagai ekosistem, yang semakin meningkatkan pengalaman bermain game,” sambungnya.

Selain itu, MediaTek mengatakan bahwa mereka akan terus melakukan penelitian dan pengembangan grafis, mengembangkan teknologi inti mesin game MediaTek HyperEngine untuk memberikan efek rendering game yang lebih baik.

Baca Juga: MediaTek Kompanio 900T Prosesor Khusus Tablet

Tujuannya adalah untuk membantu pengembang game dan produsen perangkat menawarkan grafik game yang realistis dan membawanya ke level berikutnya.

“Dengan bantuan ray tracing SDK MediaTek, solusi ini memungkinkan pengembang game menggunakan teknologi baru untuk meningkatkan pengalaman bermain game yang imersif,” tutup Dr. Youming Cao, Associate Unit Bisnis Grup MediaTek Computing dan Artificial Intelligence Technology. (HR/IF)

Leave a Comment