MediaTek Dimensity 800U, Chipset 7nm Dukung Jaringan 5G

mediatek dimensity 800U

Telset.id, Jakarta MediaTek kembali memperkenalkan chipset 5G terbarunya yang disebut Dimensity 800U. Chipset dengan fabrikasi 7nm ini dirancang untuk kinerja tinggi multi-core dan teknologi 5G+5G Dual Sim Dual Standby (DSDS).

Dengan kehadiran Dimensity 800U ini MediaTek berharap dapat terus mempercepat ketersediaan teknologi 5G dan memberikan pengalaman premium di smartphone 5G kelas menengah.

“MediaTek selalu berfokus dalam meningkatkan pengalaman pengguna dengan teknologi semikonduktor terdepan kami, baik itu kegiatan streaming, game, atau mengambil foto,” kata Dr. Yenchi Lee, Deputy General Manager, Wireless Communications Business Unit, MediaTek.

{Baca Juga: Ponsel dengan MediaTek Dimensity 1000 Bisa Putar Video AV1 Beresolusi 4K}

“MediaTek Dimensity 800U membawa teknologi tercanggih ke lini SoC Dimensity, menghadirkan teknologi-teknologi tingkat lanjut 5G, pencitraan dan multimedia ke smartphone 5G kinerja tinggi yang menawarkan pengalaman 5G luar biasa,” sambungnya.

Modem 5G terintegrasi di MediaTek Dimensity 800U tidak hanya mendukung jaringan sub-6GHz SA dan NSA, tapi juga mendukung teknologi-teknologi canggih seperti 5G+5G dual SIM dual standby (DSDS), Voice over New Radio (VoNR) ganda, dan 5G two carrier aggregation (2CC 5G-CA).

Penggunaan teknologi tersebut diklaim bakal menghadirkan koneksi 5G yang lebih cepat dan lebih stabil. Dengan teknologi MediaTek 5G UltraSave, modus operasional modem ini diatur berdasarkan lingkungan jaringan dan kualitas transmisi data, sekaligus memperpanjang umur baterai.

Dibangun dengan proses 7nm, Dimensity 800U menghadirkan kinerja tinggi sambil menghemat konsumsi daya. SoC ini memiliki CPU octa-core dengan klaster ganda yang terdiri dari dua prosesor Arm Cortex-A76 dengan kecepatan 2,4GHz dan enam prosesor Arm Cortex-A55 dengan kecepatan 2GHz.

Dimensity 800U mengintegrasikan sebuah GPU Arm Mali-G57, AI processing unit (APU) independen dan RAM LPDDR4x.

Selain itu, chipset ini juga mendukung layar 120Hz FHD+ dengan refresh rate tinggi untuk gaming dan streaming yang lebih cepat dan lancar. 

{Baca juga: Bareng Intel, MediaTek akan Bawa Teknologi 5G untuk PC}

Dukungan untuk standar HDR10+ untuk kualitas visual yang lebih baik, ditambah engine MediaTek MiraVision PQ terintegrasi dengan optimasi HDR untuk berbagai tipe video.

Ada juga dukungan untuk penempatan fleksibel kamera hingga 64MP dan kemampuan empat kamera. APU dan ISP terintegrasi untuk fungsi-fungsi AI yang meningkatkan fungsi kamera.

Hadir juga voice on wakeup (VoW) dan teknologi pengurangan kebisingan mic-ganda, mengurangi konsumsi daya standby dari asisten suara, dan memampukannya untuk mendengar suara dengan jelas dalam kondisi bising eksternal sekali pun. [HR/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here