Ponsel dengan MediaTek Dimensity 1000 Bisa Putar Video AV1 Beresolusi 4K

Video AV1 4K

Telset.id, JakartaMediaTek mengumumkan bahwa chipset MediaTek Dimensity 1000 akan bisa memutar video AV1 dengan resolusi hingga 4K di 60 fps. Ini berkat diaktifkannya codec video AV1 di chipset MediaTek Dimensity 1000.

Dengan efisiensi kompresi yang lebih baik, AV1 memberikan pengalaman kualitas video yang luar biasa dengan penggunaan data yang lebih sedikit.

Streaming video hingga resolusi 4K menggunakan decoder video AV1 berbasis perangkat keras menawarkan efisiensi daya lebih baik. Pengguna bisa menikmati umur baterai lebih lama sambil tetap menonton video di resolusi terbaik.

{Baca Juga: Bareng Intel, MediaTek akan Bawa Teknologi 5G untuk PC}

“MediaTek secara konsisten terus menambah kemampuan solusi-solusinya untuk meningkatkan pengalaman pengguna, dan teknologi AV1 merupakan contoh yang sempurna,” ujar Dr. Yenchi Lee, Assisten General Manager, Wireless Business Unit MediaTek, dalam keterangan resmi yang diterima Telset.id pada Kamis (13/08/2020).

“Video sekarang merupakan bentuk komunikasi yang paling banyak digunakan, dengan 70% generasi millenial dan Gen Z dilaporkan menggunakan berbagai layanan streaming,” sambung Lee.

Codec video AV1 menciptakan perubahan signifikan dalam industri streaming video. Pertama diluncurkan di tahun 2018 oleh Alliance for Open Media (AOMedia), AV1 bebas-royalti dikembangkan untuk menggantikan codec VP9 dan menjadi standar Internet Video Codec (NETVC).

AV1 merupakan sebuah teknologi coded video berkinerja tinggi yang menghasilkan efisiensi kompresi 30% lebih baik dibandingkan VP9.

{Baca Juga: MediaTek Rilis MT3729, Prosesor yang Ideal untuk Data Center}

“AV1 telah menjadi sebuah format yang semakin penting untuk memungkinkan pemutaran resolusi tinggi di perangkat genggam, dan kami bangga bahwa MediaTek telah mengimplementasikan perangkat keras AV1 khusus untuk mendorong adopsi format ini, seperti yang ada di SoC 5G Dimensity 1000,” kata Matt Frost, Director of Product Management, Google Chrome.

“Seiring dengan semakin populernya streaming video di mobile, contoh penggunaan baru seperti milik MediaTek semakin mempertegas pekerjaan penting dalam mengembangkan codec-codec generasi berikut,” pungkas Frost.

{Baca Juga: MediaTek Dimensity 720, Chipset 5G untuk Smartphone Mid-End}

Adapun spesifikasi dari Dimensity 1000 termasuk octa-core CPU 4x Cortex A77 2,6GHz + 4x Cortex A55 2.0GHz dan GPU Mali-G77 MC9. Chipset ini mendukung resolusi display FHD+ hingga  2520 x 1080. Sedangkan untuk kamera, ISP-nya dapat mendukung hingga 80MP.

Modem yang digunakan mirip dengan Dimensity 800, yaitu modem 5G dengan kecepatan unduh 4,7Gbps dan unggah hingga 2,5Gbps. Dukungan memori RAM LPDDR4x hingga 16GB dan storage jenis UFS. (HR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here