Lokly, Kunci Keamanan USB Berfitur Enkripsi Real-time

Kunci USB

Telset.id, Jakarta – Sebuah startup bernama Lokly baru saja menghadirkan kunci keamanan USB. USB Lokly tersebut mampu enkripsi dan dekripsi data secara real-time saat pengguna mengaksesnya.

Kunci keamanan USB besutan Lokly dinilai menjadi solusi di era “miniaturisasi” penyimpanan SSD portabel. Sebab, risiko dari SSD portabel adalah keamanan data yang terancam ketika pengguna kehilangan SSD tersebut.

Menurut CEO Lokly, Benoit Berthe, pihaknya berupaya menjelaskan mengenai fitur keamanan USB baru yang bisa enkripsi data. Sebenarnya, ada sejumlah pesaing potensial yang menawarkan perangkat USB dengan fungsi tak berbeda.

{Baca juga: Cabut USB di Windows 10 Gak Perlu “Safely Remove Hardware”}

Akan tetapi, seperti dikutip Telset.id dari Ubergizmo, Kamis (16/01/2020), Lokly mencoba menghadirkan sesuatu yang berbeda di beberapa sisi. Apalagi, Lokly sedang mengajukan izin militer dari ANSSI.

Sekadar informasi, ANSSI adalah Badan Keamanan Informasi Nasional Prancis. Berthe lantas menunjukkan detail keamanan dan model penggunaan dunia nyata yang harus diperhatikan pengguna.

Menurutnya, produk yang menggunakan kata sandi kuat justru sering mengakibatkan banyak masalah. Salah satu di antaranya adalah, pengguna harus bersusah payah mengingat sekaligus mengetik kata sandi.

{Baca juga: Wow! USB-C Ini Diklaim Bisa Identifikasi Malware}

Lokly ingin menyelesaikan problem itu menggunakan smartphone dan aplikasi sebagai kunci untuk mengamankan data USB. Nantinya, aplikasi dengan kunci keamanan USB akan terhubung melalui koneksi Bluetooth yang aman.

Dari sana, pengguna lalu dimungkinkan untuk memasang direktori yang berbeda ke komputer dan melakukan tugas manajemen file dasar secara aman dan nyaman. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here