Lebih Bertenaga, Apple Siapkan Bionic A14 untuk iPhone Terbaru

Telset.id, Jakarta – Tahun baru sama artinya dengan perangkat baru. Setidaknya itulah tradisi yang dianut oleh hampir semua pembuat smartphone di luar sana. Dan Apple disini bukan pengecualian. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kedatangan perangkat terbaru dari perusahaan – iPhone, kerap dibarengi dengan kemunculan chipset terbaru. Tahun ini, perusahaan yang berbasis di Cupertino, AS itu sudah menyiapkan Bionic A14, yang tentunya akan membawa peningkatan dari generasi sebelumnya.

Peningkatan yang paling signifikan dari Bionic A14 ini akan bisa kita temui pada urusan efisiensi dan performa.

{Baca Juga: Kunci Keamanan Google Bisa Dibuka via iPhone, Caranya?}

Dilansir dari Macworld, Bionic A14 disebut-sebut akan memiliki performa yang menyamai perangkat MacBook Pro. Tentunya itu sangat menakjubkan, melihat chipset ditujukan untuk perangkat smarpthone.

TSMC sebagai produsen chipset Bionic Apple akan menggunakan proses fabrikasi 5nm dan teknologi EUV (Extreme Ultraviolet) untuk Bionic A14. Jelas ini akan membawa performa dan efisiensi daya yang lebih baik jika dibandingkan dengan Bionic A13 yang menggunakan proses fabrikasi 7nm.

TSMC menyebutkan, dengan teknologi tersebut akan memberikan Logic Density 80 persen lebih tinggi dan tingkat performa 15 persen lebih cepat pada daya yang sama dengan chip 7nm. Atau efisiensi daya 30 persen lebih rendah pada tingkat performa yang sama.

Diperkirakan, perangkat ini akan memiliki performa single core sekitar 1500 hingga 1600, sedangkan performa multi corenya akan mencapai 4500-5000. Angka tersebut diukur menggunakan benchmark Geekbench 5.

{Baca Juga: Kalahkan Apple A13 Bionic, Ini Skor AnTuTu Snapdragon 865}

Selain itu chipset Bionic A14 juga sudah mendukung RAM dengan teknologi LPDDR5. Kemungkinan, Apple sendiri akan menggunakan memori RAM LPDDR5 yang saat ini sudah diproduksi oleh Samsung. Dibandingkan dengan LPDDR4X, kecepatannya 30% lebih tinggi.

Klaim-klaim tersebut tentunya juga membuat kita semakin penasaran dengan kemampuan produk iPhone terbaru. Apple diperkirakan akan meluncurkan smartphone terbarunya di kuartal akhir tahun 2020. Hmm, sepertinya kita masih harus menunggu lebih lama. [IR/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here