Gizmo

Samsung Pasok Layar LTPO AMOLED 120Hz untuk iPhone 13 Pro

Muhammad Faisal Hadi Putra

Telset.id, Jakarta – Apple kabarnya telah menunjuk Samsung Display sebagai pemasok layar 120Hz untuk iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max yang akan datang. Kedua ponsel ini nantinya akan mengusung layar berjenis LTPO AMOLED dari Samsung.

Dikutip Telset dari Macrumors, Selasa (4/5/2021), Apple telah menunjuk Samsung Display sebagai mitra eksklusif yang akan memproduksi panel layar LTPO AMOLED 120Hz untuk iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max.

Tak cuma itu, Apple juga memilih Samsung Electro-Mechanics sebagai pemasok papan sirkuit cetak fleksibel atau RFPCB untuk iPhone generasi terbaru mereka.

RFPCB sebenarnya adalah papan sirkuit yang kaku, tapi dapat dilipat. Ini digunakan untuk menghubungkan panel OLED ke mainboard ponsel.

{Baca juga: Bocoran iPhone 13, Desain Sama dan Kamera Telah Ditingkatkan}

RFPCB juga memungkinkan desain produk terlihat lebih elegan dan nyaman digunakan, karena tidak memiliki dagu atau bezel di bagian bawahnya. Panel ini menyuguhkan transmisi sinyal listrik yang lebih cepat, tapi lebih mahal daripada FPCB tradisional.

“Dua seri tertinggi iPhone tahun ini akan menggunakan RFPCB dan panel LTPO OLED yang dibutuhkan untuk refresh rate 120Hz di layar. Panel itu akan disediakan secara eksklusif oleh Samsung Display,” kata sumber terpercaya kepada media Korea Selatan, The Elec.

Alasan Dipilihnya Panel LTPO AMOLED

Dipilihnya panel LTPO AMOLED buatan Samsung Display untuk iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max merupakan keputusan yang tepat. Sebab, panel LTPO mampu menghasilkan dukungan 120Hz tanpa berdampak signifikan pada masa pakai baterai.

Mirip Apple Watch terbaru, LTPO AMOLED juga memungkinkan dua model tertinggi iPhone 13 terbaru untuk memiliki fitur Always on Display yang selalu aktif.

{Baca juga: iPhone 13 Adopsi Teknologi Kamera iPhone 12 Pro Max}

Kemungkinan, fitur refresh rate layar 120Hz pada iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max merupakan bagian dari fitur ProMotion yang pertama kali dihadirkan Apple untuk iPad Pro sejak 2017 silam.

ProMotion secara otomatis akan menyesuaikan refresh rate layar tergantung aplikasi atau game yang dijalankan oleh pengguna. Fitur ini mirip-mirip dengan Adaptive Refresh Rate 120Hz yang diusung oleh Samsung Galaxy S21 Series. (MF)

Leave a Comment